Caption Foto : Ketua Fraksi PKS Perindo saat ditemui di kantor DPRD

mediapetisi.net – Fraksi PKS Perindo mempelajarai dan menelaah proses pembahasan terhadap Rancangan Peraturan Daerah Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Kabupaten Jombang Tahun Anggaran 2023. Semua isi, penjelasan dan makna yang terkandung dalam Nota Penjelasan Bupati, Pandangan Umum Fraksi Fraksi dan Jawaban Bupati Atas Pandangan Umum Fraksi Fraksi, serta pembahasan finalisasi Badan Anggaran DPRD Kabupaten Jombang dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah pada tanggal 17 November 2022.

“Penyusunan RAPBD Tahun Anggaran 2023 saat proses pemulihan ekonomi sedang terjadi, yang mengharuskan kita untuk menyusun kebijakan serta program pemulihan ekonomi yang menjadi fokus pemerintah di tahun 2023. Karena dampak pandemi telah membuat ekonomi kita menurun, disaat kita masih dalam kondisi pemulihan ekonomi akibat pandemi, Pemerintah Pusat telah menaikan harga BBM. Sehingga berpengaruh negatif terhadap pertumbuhan ekonomi, penurunan upah rill dan msi rumah tangga,” terang Rochmad Abidin Ketua Fraksi PKS. Senin (21/11/2022)

Menurut Rochmad, dalam menghadapi semua hambatan dan tantangan diperlukan pemikiran-pemikiran strategis dan penentuan prioritas agar rencana pembangunan yang telah ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dapat tercapai dengan baik.

Sehingga Fraksi PKS Perindo menyampaikan Pendapat Akhir dengan beberapa syarat diantaranya Fraksi PKS Perindo berharap agar eksekutif terus berusaha untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah melalui intensifikasi dan ekstensifikasi Sumber-sumber pendapatan asli daerah, dengan meningklatkan pelayanan terhadap wajib pajak dalam menghitung pajak yang disetorkan, meningkatkan efisiensi dalam pemungutan pajak, mempercepat pelaporan data penerimaan pembayaran subyek pajak, meningkatkan transparansi dan akurasi data pajak. Eksekutif juga harus mampu merevitalisasi Perusahaan Umum Daerah (BUMD) untuk menambah besaran PAD yang signifikan terhadap penerimaan daerah mengingatkan Pelaksanaan APBD tahun 2023 adalah Tahun terakhir. 

Yang kedua, perjalanan kepemimpinan Bupati Jombang dan Wakil Bupati dalam menjalankan Sembilan Janji Tahun 2018-2023 telah tertuang dalam visi misi Bupati dan Wakil Bupati Jombang telah memasuki tahun terakhir. Perlu kerja terstruktur efisien dan tertatur agar target target pembangunan pada tahun 2023 bisa optimal di laksanakan dengan meminalisir Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SILPA) terutama pada anggaran infrastruktur jalan kabupaten, perbaikan jalan-jalan yang rusak baik jalan lintas kabupaten, jalan poros desa serta jalan lain yang memerlukan perbaikan serta pada program program yang mampu meningkatkan perekonomian masyarakat. 

“Yang ketiga Fraksi PKS Perindo juga mengingatkan agar pemerintah daerah terus Mengoptimalkan penggunaan Produk Dalam Negeri serta Penyelenggaraan Perdagangan melalui Sistem Elektronik Untuk Pengadaan Barang dan Jasa. Pemerintah Mendorong dan memberikan kemudahan bagi usaha-usaha kecil dan menengah serta memberikan stimulus usaha. Fraksi PKS juga meminta Pemerintah Daerah memperhatikan kesejahteraan pendamping TKSK, PKH dan Tagana,” pungkas Rochmad.  (lis)