Caption Foto : Ketua TP-PKK Wiwin Isnawati Sumrambah saat sambutan

mediapetisi.net – Warga Desa Losari Kecamatan Ploso Kabupaten Jombang menggelar tradisi Sedekah Bumi dikemas dengan festival wisata budaya desa Losari Kencana Ungu tahun 2022. Dihadiri Ketua TP PKK Wiwin Isnawati Sumrambah, Camat Ploso dan Tokoh Masyarakat. Dalam tradisi itu, ratusan warga berebut Gunungan yang terbuat dari buah, sayur dari hasil panen petani Losari. Minggu (16/10/2022)

Ratusan warga yang terdiri dari anak-anak, remaja, hingga ibu-ibu berebut gunungan. Meski yang didapatkan hanya buah dan sayur, warga sangat antusias untuk berebut mendapatkan hasil bumi tersebut. Ada tujuh gunungan berisi hasil bumi seperti buah dan sayur. Gunungan sedekah desa tersebut dari per RW.

Salah satunya Andik, meski hanya mendapat Jeruk dan Jagung, ia mengaku senang ketika memperoleh hasil dari gunungan buah. Alasannya sederhana, ketika mendapatkan salah satu dari gunungan tersebut, akan mendapatkan rejeki berlimpah.

“Ya senang, meski hanya dapat jagung dan jeruk. Kata orang dulu kalau dapat salah satu buah dari tumpeng akan mendapat rezeki yang berlimpah,” katanya.

Di tempat yang sama, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jombang Wiwin Isnawati Sumrambah mengatakan, kegiatan Sedekah Bumi Losari merupakan tradisi tahunan yang digelar setiap bulan Maulud. 

Menurut Wiwin, tradisi Sedekah Bumi merupakan bentuk rasa syukur kepada Tuhan dengan menyedekahkan sebagian hasil panen. Selain itu, tradisi tersebut menjadi ajang silahturahmi untuk menjaga persaudaraan antar warga Losari semakin kuat.

“Semoga festival wisata budaya desa Losari Kencana Ungu bisa terus diadakan dari tahun ke tahun berikutnya dan semoga acara ini juga bisa menjadi ajang pelestarian budaya dan sarana lebih mengakrabkan masyarakat hingga tercipta kerukunan antar masyarakat. Apabila masyarakat rukun maka yakinlah Jombang Bangkit, Jombang berdaya saing,” pungkas Wiwin. (lis)