Caption Foto : Pembangunan pasar Perak Jombang

mediapetisi.net – Pemerintah Kabupaten Jombang melalui Dinas Perdagangam dan Perindustrian (Disdagrin) terus melakukan perbaikan pembangunan pasar, salah satunya Pasar Perak. Pembangunan pasar Perak tahun 2022 ini masih terus berlanjut untuk pembangunan tahap kedua.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Jombang Hari Oetomo mengatakan bahwa pembangunan pasar Perak berlantai 2 tahap pertama tahun 2021 sudah selesai 100 persen tetapi tahun 2022 ini masih terus berlanjut untuk pembangunan tahap kedua.

“Sedangkan untuk pengerjaan pembangunan tahap kedua mulai dibangun sejak Juli 2022 lalu dan ditargetkan selesai sebelum akhir Desember 2022 mendatang. Saat ini progres pembangunan pasar tersebut sudah mencapai angka 17 persen. Pembangunan tahap pertama telah dilakukan tahun 2021 lalu dengan anggaran APBD sebesar Rp 6,029 Milyar dan tahun 2022 tahap kedua dengan anggaran APBD sebesar Rp 3,759 milyar,” terang Hari Oetomo saat ditemui di kantornya. Jum’at (14/10/2022)

Menurut Hari, pembangunan pasar Perak tahap dua lelang dimenangkan CV Putra Jati Utama, dengan nilai kontrak Rp 3,759 miliar dan konsultan pengawas adalah CV Banyu Bening. Ada beberapa pekerjaan proyek pembangunan tahap dua diantaranya bangun mushala, kantor pasar, pagar pasar, pemasangan plapon dilantai 1 dan lantai 2, pemasangan keramik di lantai atas dan pemasangan keramik meja daging juga termasuk lahan parkiran pasar.

“Pasar Perak dibangun dua lantai dengan jumlah kios sebanyak 266. Untuk kios dibelakang ukuran 2 x 3 meter dan kios di depan lebih besar ukuran 4 x 6 meter. Semua pedagang yang sudah terdata sebelumnya nantinya akan mendapatkan jatah kios,” jelasnya.

Pembangunan pasar tersebut dilakukan guna meningkatkan fungsi pasar sebagai sarana perdagangan rakyat sehingga menjadi bangunan yang aman, nyaman, bersih, tertata, dan tidak kumuh. Pembangunan pasar perak ini termasuk salah satu wujud perhatian pemerintah kabupaten Jombang, terhadap para pedagang untuk mensejahterakan warganya.

“Kepada pelaksana proyek dan konsultan pengawas supaya bekerja dengan baik agar selesai tepat waktu dan jaga mutu. Semoga pembangunan pasar ini dapat membawa banyak manfaat bagi masyarakat Jombang, khususnya para pedagang,” pungkas Hari. (lis)