Caption Foto : Anggota DPR RI Mbak Estu didampingi Wabup Sumrambah, Anggota DPRD Jombang Rochmad, Naim dan Wiwin serta Kepala Desa

mediapetisi.net – Warga masyarakat Desa Sudimoro Kecamatan Megaluh dengan antusias mengikuti Pawai Budaya Kirab Dolen Dhamar Wulan dalam rangka memperingati HUT Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia. Minggu (4/9/2022)

Karnaval tersebut dihadiri Anggota Komisi V DPR RI Sadarestuwati (Mbak Estu), Wakil Bupati Jombang Sumrambah, Anggota DPRD Jombang Rochmad Abidin, Naim dan Wiwin, Kepala DPMD Sholahuddin Hadi Sucipto serta diikuti Kepala Desa beserta perangkat Desa Sudimoro. 

Anggota Komisi V DPR RI Sadarestuwati yang akrab dipanggil mbak Estu mengaku bangga karena peserta pawai budaya dari Desa Sudimoro menampilkan kostum masa perjuangan dan batik pawai budaya juga turut tampil memeriahkan HUT RI tersebut.

“Apalagi tema tokoh cerita legenda yang sudah dikenal masyarakat Jawa khususnya di Desa Sudimoro ini yakni Dhamar Wulan. Sehingga pawai budaya mengambil rute sepanjang Jalan menuju petilasan Dhamar Wulan,” ungkapnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Jombang Rochmad Abidin, pawai budaya tersebut implementasi dari tema Hari Kemerdekaan RI, Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat. Di Desa Sudimoro pawai budaya mengusung Kirab Dolen Dhamar Wulan.

“Kami bangkitkan semangat moralitas warga, karena rasa cinta Tanah Air, sebetulnya tidak bisa dibendung. Meomen ini harus dioptimalkan jangan dilewati. Selain itu dapat menumbuhkan rasa cinta Tanah Air, nasionalisme, dan spirit gotong- royong. Hal ini, mengingat tidak ada kegiatan pawai budaya selama dua tahun sebelumnya,” terangnya.

Ida (48) salah satu warga Desa Sudimoro mengatakan pawai budaya tersebut selain menghibur masyarakat juga mengingatkan perjuangan para pahlawan dalam meraih kemerdekaan RI. Sebagai generasi penerus harus mengisi kemerdekaan dengan belajar dan bekerja keras untuk pembangunan di Kabupaten Jombang, pungkasnya. (lis)