Caption Foto : Juri Lomba saat menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba keroncong

mediapetisi.net – Dari 206 peserta lomba bahasa dan seni siswa Sekolah Dasar (SD) tahun 2022 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang sudah mendapatkan 6 peserta terbaik disetiap lomba. (11/08/22) 

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang,Senen menyampaikan dalam lomba bahasa dan seni siswa Sekolah Dasar (SD) tahun 2022 ada beberapa perlombaan diantaranya lomba pidato putra dan putri, lomba baca puisi putra dan putri, lomba macapat putra dan putri, lomba menyanyi keroncong putra dan putri dan lomba tari remo beregu yang di ikuti oleh 206 peserta. 

“Lomba bahasa dan seni siswa Sekolah Dasar (SD) tahun 2022 ini diikuti oleh siswa Sekolah Dasar Negeri dan Swasta se Kabupaten Jombang. Delegasi masing-masing cabang lomba terdiri dari 21 Kecamatan, dengan jumlah peserta 206 peserta diantaranya peserta lomba pidato 42 peserta, lomba baca puisi 42 peserta, lomba macapat 41 peserta, lomba menyanyi keroncong 40 peserta dan lomba tari remo 41 peserta yang terdiri dari 80 penari,” terangnya.

Selain itu, Senen juga mengatakan juri dalam perlombaan bahasa dan seni siswa Sekolah Dasar (SD) tahun 2022 berasal dari akademisi dan praktisi yang berkopeten di bidangnya. Sedangkan kejuaraan peserta akan diambil 6 terbaik dari jumlah peserta lomba yakni juara 1,2,3 dan juara harapan 1,2,3.

“Lomba pidato ada 3 juri diantaranya Anton Wahyudi, Bambang Wijanarko, Ariyanto. 

Aspek penilaian lomba meliputi struktur pidato, kualitas kebahasaan, ketepatan teknis penyampaian. Juara 1 putra diraih oleh Muchamad Raiga S R, juara 2 Rafli Eyian Candra, juara 3 Rafif Al Khahzifi Zikri, Harapan 1 diraih oleh Tri Rahmadani Putra Harapan 2 Muhammad Dafa Abimanyu P A harapan 3 Muhammad Yusuf Khabibi. Sedangkan juara 1 Putri diraih oleh Ayesha Callvella L., juara 2 Shifana Nabila Putri, juara 3 Sabrina Amelia Zahrani, Harapan 1 Syifa’ Nurul Qurrotu’ain, harapan dua Afiqa Elshira Indah Safani, harapan 3 Aliza Rahma Hamida,” paparnya.

Lanjut Senen, lomba menyanyi keroncong putra putri yang dinilai adalah materi vokal, teknik, ekspresi atau penjiwaan dan penampilan. Dalam lomba menyanyi keroncong putra putri ada tida juri diantaranya Tuty Sucipto S.Pd, Rahmadani W.S, dan Haikal R. Juara 1 lomba menyanyi keroncong diraih oleh Aqila Azkia Rahma H, juara 2 Meihua Octaviani, juara 3 laytacia Niagara R, harapan 1 Lailatul Latifah R,  harapan 2 Hellen Elysia R, harapan 3 Aura Ramadhani. Sedangkan lomba menyanyi keroncong putra juara 1 diraih oleh Valentino Aykel S. S., juara 2 Muhammad Fahri Muzaffar, juara 3 Yahya Al Ghazali, Harapan 1 Devan Ghani El. M., harapan 2 Junio Yobelisius B. , harapan 3 Alvaro Azhar Hilal M. 

“Lomba baca puisi aspek penilaiannya diantara pemahaman isi vokal penampilan dan penjiwaan dalam lomba baca puisi ada 3 juri diantaranya Andi Setyo Wibowo, Umi, Nanda. Juara 1 putra diraih oleh Ahmad Kevin Andika A, juara 2 Muhammad Tristan A, juara 3 Fandy Ahmad A, harapan 1 Sean Hepzyeba J. D, harapan 2 Febian Surya A, harapan 3 Denandra A. Sedangkan Juara 1 putri Juara 1 diraih oleh Aliya Ilmia Santi, juara 2 Ayatullah Qurrota a’yun, juara 3 Nacia Queen, Harapan 1 Dwi Putri Sabrina harapan 2 Audia Nawa harapan 3 Nuria N.,” jelasnya.

Sedangkan, lomba macapat putra putri aspek penilaiannya diantaranya Titi Laras, teknik nembang, penjiwaan dan artikulasi. Dalam lomba Macapat ada 3 juri diantaranya Anom Antono S.SN, Heru Cahyono S.SN, dan Aris Suyono. Juara 1 putri diraih oleh Alya Ashifa, juara 2 diraih oleh Efinda Putri, juara 3 diraih oleh yeargina Shofi, harapan 1 diraih oleh Siti Naifah harapan 2 diraih oleh Neisya Gita, harapan 3 Devisa Echa. Sedangkan juara 1 putra diraih oleh Reyvaldi Prasetyo juara 2 Rendy Dwi juara 3 Ridho Septiawan Harapan 1 Muhammad Irfan Maulana harapan 2 Bagaskara Dwi, harapan 3 Rafael Pahri A.

“Dan lomba remo dinilai dari aspek kepenarian atau wirasa wiraga wirama, pola cantai, dan tata rias serta busana. Dalam lomba remo ada 3 juri diantaranya Novi Inggit Fitanaya, Suhartono dan Setya P. Juara 1 diraih oleh Kecamatan Bareng juara 2 Kecamatan Gudo juara 3 Kecamatan Diwek Harapan 1 Kecamatan perak harapan 2 Kecamatan Jombang harapan 3 Kecamatan Mojoagung,” pungkas Senen. (lis)