Caption Foto : Ketua IKAWATI Jombang saat mberikan 

mediapetisi.net – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Jombang melalui Ikatan Istri Karyawan dan Karyawati (IKAWATI) Badan Pertanahan Nasional menggandeng Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Jombang melaksanakan pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan menghadirkan pelaku IKM. Bertempat di ruang pertemuan Kantor BPN Jombang. Jumat (15/7/2022)

Ketua IKAWATI BPN Kabupaten Jombang Kholifah Kresna saat diwawancarai mengatakan bahwa pertemuan dengan para pelaku IKM tersebut memang sesuai dengan perintah Presiden Jokowi untuk mengembangkan Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM). 

“Kami dari Kantor Pertanahan (Kantah) Kabupaten Jombang juga menerima intruksi dari Kementrian ATR/BPN untuk memperlihatkan UMKM dimasing – masing daerah. Kami juga, bekerja sama dengan Dinas Koperasi untuk mengkoordinir UMKM yang hadir,” ungkapnya.

IKAWATI BPN Kabupaten Jombang akan melakukan pendampingan, pelatihan, dan pengawalan usaha sehingga kegiatan UMKM berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

“Kegiatan UMKM juga membutuhkan skil, selain akses pemasaran yang selama ini jadi kendala, makanya kita bantu buka akses pemasaran melalui pendampingan dari IKAWATI,” terang Ketua IKAWATI BPN Jombang.

Dengan pertemuan tersebut para UMKM di Kabupaten Jombang tersebut akan dibekali info pemasarannya. Karena semenjak Covid-19 pemasaran dari hasil UMKM jadi menurun. IkAWATI ini akan membantu para UMKM dengan salah satunya dedikasi sistem online dan dibantu dengan sistem offline serta pemasarannya juga. 

Jika dengan sistem offline salah satunya, diantaranya IKAWATI akan membuat display sesuai dengan intruksi, membuat display tersebut untuk produk-produk UMKM, dari binaan IKAWATI. Jadi untuk berikutnya tetap bekerja sama dengan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro untuk membantu pemasaran dalam bidang online. Selain itu, nanti akan diberikan pelatihan pemasaran online dan juga pembelajarannya. 

“Insyaa allah dengan adanya kerjasama kami, omset UMKM yang tadinya merosot karena covid jadi bisa terangkat disamping itu juga pemulihan ekonomi, dan untuk menghadapi masa depan semua online. Kali pelaku IKM yang mengikuti binaan di kami sementara ada 10 asosiasi soalnya sementara dibatasi. Insya allah program ini terus berlanjut, bidang UMKM Kantah Kabupaten Jombang bisa bertambah dan bisa memberikan manfaat lebih dari 10 UMKM,” harap Ketua IKAWATI BPN Jombang. (lis)