Caption Foto : Kapolres Jombang saat menyematkan Pin tanda dimulai Operasi Ketupat Semeru 2022 

mediapetisi.net – Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1443 H / 2022 M mulai dilaksanakan setelah Polres Jombang melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Tahun 2022 dengan tema “Operasi Ketupat 2022 wujud Sinergitas Polri dengan instansi terkait untuk menjamin masyarakat aman dan sehat dalam perayaan Idul Fitri 1443 H”.  Apel Gelar Pasukan dipimpin Kapolres Jombang AKBP Moh. Nurhidayat didampingi Dandim 0814 , Asisten 1. Hadir juga Dansatradar 222, Kajari dan Ketua Pengadilan Negeri. Bertempat di Lapangan Mapolres Jombang. Jumat (22/4/2022)

Peserta apel terdiri dari TNI-Polri serta beberapa satuan instansi pemerintahan di antaranya Satpol PP, Dinas Perhubungan, Pemadam Kebakaran, BPBD dan Dinas Kesehatan serta dari organisasi masyarakat Banser, RAPI, Senkom Mitra Polri dan Keluarga Besar Putra Putri (KBPP) Polri Jombang.

Kapolres Jombang AKBP Moh. Nurhidayat menegaskan tidak ada penyekatan masyarakat pada mudik lebaran tahun 2022. Namun masyarakat tetap diiimbau mematuhi protokol kesehatan serta melengkapi Vaksin 1,2 dan 3 sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19,” kata Kapolres Jombang yang membacakan amanat Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Berbagai permasalahan menjelang, pada saat dan pasca Idul Fitri 1443 H tahun 2022 harus diantisipasi. Semua harus bergandengan tangan bersinergi dengan seluruh stakeholder agar umat muslim dapat menjalankan ibadah ramadan dengan khusuk. Dan puncaknya pada perayaan Idulfitri serta masyarakat yang mudik berjalan lancar, aman dan sehat.

Kapolres mengungkapkan, kelonggaran-kelonggaran yang diberikan pemerintah agar masyarakat dapat merayakan Idul Fitri bersama keluarga harus disikapi dengan tetap menjaga protokol kesehatan agar penyebaran Covid-19 tidak mengalami peningkatan.

“Operasi Ketupat 2022 harus dilaksanakan secara optimal. Perjalan mudik maupun balik berjalan lancar, aman dan sehat. Kejahatan dan gangguan kamtibmas sekecil apapun harus dicegah dan antisipasi. Ketika operasi ini berhasil, masyarakat dapat melaksanakan aktivitas ibadah Idul Fitri 1443 H/tahun 2022 dengan aman dan sehat, baik dari gangguan kamtibmas maupun dari bahaya Covid-19,” terangnya. 

Kapolres meminta melaksanakan operasi tersebut dengan penuh rasa tanggung jawab dengan dukungan penuh masyarakat. Kapolres juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh personel TNI-Polri, Pemerintah Daerah, dan pemangku kepentingan lainnya yang terlibat dalam pelaksanaan Operasi Ketupat 2022.

Sehingga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat dapat senantiasa terjaga serta arus mudik maupun balik berjalan lancar. Ia pun mendoakan pengabdian tugas yang diaksanakan dengan penuh keikhlasan itu akan menjadi ladang amal ibadah di hadapan Tuhan Yang Maha Esa.

“Polres Jombang menyiapkan anggota sebanyak 362 personil yang disebar di wilayah Kabupaten Jombang, meliputi 4 Pos Pelayanan yakni Simpang 4 KH. Wakhid Hasyim, SPBU Bandar Kedungmulyo, Rest Area KM 678 A dan Rest Area 678 B, serta 2 pos Pengamanan di Simpang Tiga Mojotrisno Mojoagung dan Exit Tol Tembelang Jombang. Kepada umat Islam saya mengucapkan Selamat Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan dan Merayakan Idul Fitri 1443 H/2022,” pungkasnya. (lis)