Caption Foto : Bupati Jombang saat meninjau langsung area dapur 

mediapetisi.net – Peresmian Renovasi Bangunan Dapur Lembaga Permasyarakatan Kelas II B Jombang oleh Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab. Ikut mendampingi PLT Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jatim Gun Gun, Mehendra Sulaksana Kepala Lapas Kelas II B Jombang, Kapolres Jombang Nurhidayat, Dandim 0814 Hanafi, Sekda Agus Purnomo, Direktur PDAM Khoirul Hasyim dan Plt Asisten 2 Fahruddin Widodo. Bertempat di Lapas Kelas II B Jombang. Kamis (3/2/2022)

Peresmian ditandai dengan pemotongan pita dan meninjau langsung area dapur dilanjutkan melihat hasil produksi kerajinan warga binaan. Selain itu, meninjau bantuan PDAM Tirta Kencana Kabupaten Jombang, yakni menjadikan Lapas Kelas II B Jombang sebagai pilot project peluncuran produk baru “Tikasim” (Tirta Kencana Air Siap Minum) untuk melayani kebutuhan air siap minum warga binaan.

Bentuk Tikasim di lembaga pemasyarakatan yang disiapkan Perumdam Tirta Kencana Jombang ini dengan dua sisi cara pelayanan air siap minum. Pertama, dengan menggunakan kran sehingga orang dapat meminum langsung melewati kran. Kedua, adalah dengan cara isi ulang galon yang tinggal menekan tombol jika ingin mengisi air siap minum Tikasim dalam galon.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Jombang, saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kepala Lapas Jombang, seluruh jajaran pegawai dan karyawan lapas Jombang atas kerjasama dan sinerginya selama ini dalam mendukung dan mensukseskan program-program pembangunan di Kabupaten Jombang,” ungkap Bupati Mundjidah.

Bupati Mundjidah juga menyampaikan bahwa dengan sinergitas seluruh Forkopimda di Kabupaten Jombang, Pemerintah Kabupaten Jombang akan senantiasa melakukan pembinaan terhadap warga binaan di Lapas Kelas II B Jombang. Pembinaan di Lapas menjadi hal yang sangat penting karena untuk membentuk narapidana agar menjadi manusia seutuhnya, menyadari kesalahan, memperbaiki diri dan tidak mengulangi tindak pidana. 

“Sehingga narapidana yang sudah keluar dapat diterima kembali di lingkungan masyarakat, dapat berperan aktif dalam pembangunan dan dapat hidup secara wajar sebagai warga negara yang baik dan bertanggungjawab. Untuk itu, kegiatan – kegiatan religi terus dilaksanakan di Lapas Jombang,” terangnya.

Pemkab Jombang senantiasa selalu mendukung dan membantu serta membuka ruang informasi terkait upaya pembinaan terhadap warga binaan lapas kelas II B Jombang. Untuk itu kerja sama yang telah terjalin hendaknya tetap dijaga dan ditingkatkan.

“Semoga dengan adanya dapur dan bantuan air siap minum di Lapas Kelas II B Jombang dapat memberikan manfaat,” pungkas Bupati Mundjidah. (lis)