Caption Foto : Asisten 1 didampingi Kepala Dinkes, Kepala Diskominfo dan Kepala Dinas KB dan Sekdin Dikbud saat meninjau vaksinasi di SD Jombatan IV

mediapetisi.net – Pemerintah Kabupaten Jombang melaunching vaksinasi anak usia 6-11 tahun Vaksinasi tersebut digelar di beberapa Sekolah Dasar yang ada di Jombang.

“Hari ini target pemerintah kabupaten Jombang sebanyak 3.901 anak usia 6-11 tahun yang tervaksin,” ujar Asisten 1 Purwanto usai melakukan peninjauan vaksinasi anak usia 6-11 tahun di SDN Jombatan IV dan SDN Jombatan V Jombang. Selasa (21/12/2021)

Ikut mendampingi Kepala Dinas Kesehatan Budi Nugroho, Kepala Dinas Kominfo Bufi Winarno dan Kepala Dinas KB Nur Khamlia dan Sekretaris Dinas Dikbud Jumadi dan Forkopimcam Jombang.

Lanjut Purwanto, dari data yang masuk secara keseluruhan 120.748 anak usia 6 – 12 tahun di Kabupaten Jombang yang akan memgikuti vaksinasi Covid-19 dengan harapan bisa tercapai semuanya, sehingga program Pemerintah dalam rangka mengayomi masyarakatnya agar terhindar dari bahaya Covid 19 dapat terwujud

“Harapannya kami dari 120.748 itu sudah tersasar semua baik sekolah formal, non formal atau mungkin yang belum sekolah. Kami targetkan awal Januari tahun 2022 sudah tervaksin semua,” ungkapnya.

Berdasarkan ketentuan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), anak usia 6-11 tahun yang baru mengikuti Imunisasi Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) harus menunggu selama 28 hari sebelum menerima vaksinasi Covid-19.

“Secara medis memang harus menunggu 28 hari. Ini masih ada (anak usia 6-11 tahun) yang masih 10 hari lalu mengikuti Imunisasi. Alhamdulillah anak – anak tidak takut disuntik untuk vaksin dan para orang tua telah menyetujui anaknya menjalani vaksinasi Covid-19,” jelas Purwanto.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang drg. Budi Nugroho menyampaikan bahwa sasaran vaksinasi untuk anak usia 6- 11 tahun secara serentak di Kabupaten Jombang hari ini 3.901anak. Untuk pelaksanaan di SDN Jombatan 4 sebanyak 201 anak dan di SDN Jombatan 5 sebanyak 253 anak. Sedangkan untuk ketersediaan vaksin jenis Sinovac di Kabupaten Jombang saat ini ada sekitar 7 ribu dosis. Kalau habis ya langsung dikirim dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

“Sedangkan jenis vaksin untuk anak – anak pakai jenis Sinovac, dan stok vaksin di Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang masih aman. Pelaksanaan launching vaksinasi anak usia 6-11 tahun kali ini melibatkan vaksinator dari beberapa Puskesmas yang ada di Jombang,” pungkasnya. 

Peninjauan vaksin tersebut Asisten 1 Purwanto didampingi Kepala Dinas Kesehatan Budi Nugroho, Kepala Dinas Kominfo Bufi Winarno dan Kepala Dinas KB Nur Khamlia dan Sekretaris Dinas Dikbud Jumadi dan Forkopimcam Jombang. (lis)