Caption Foto : Ketua STIKES Pemkab Jombang Dr. Ririn Probowati M.Kes. saat melaksanakan prosesi wisuda

mediapetisi.net – Rapat Senat Terbuka Wisuda dan Pelantikan Diploma III Kebidanan, Diploma III Keperawatan,  Sarjana Keperawatan dan Pendidikan Profesi Ners Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Pemkab Jombang dibuka oleh Ketua STIKES Pemkab Jombang Dr. Ririn Probowati M.Kes. Dihadiri Bupati Jombang, Ketua IPNI Jawa Timur, Perwakilan Kopertis Wilayah VII, Pembina Yayasan STIKES Pemkab, Ketua IDI, Ketua IBI, Kepala Dinkes, Kepala Dinas Perkim, Kepala Dikbud, Direktur RSUD Jombang dàn Direktur RSUD Ploso. Wisuda dilaksanakan secara tatap muka dengan protokol kesehatan yang ketat di halaman kampus STIKES Pemkab Jombang. Kamis (25/11/2021)

Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab mengucapkan selamat kepada wisudawan dan wisudawati atas keberhasilanny melalui perjuangan yang panjang dan menimba ilmu di STIKES Pemkab Jombang dan mudah – mudahan dalam perjalanan kedepannya dapat meraih sukses yang lebih besar lagi dan bermanfaat bagi masyarakat serta bangsa dan negara.

“Kami juga mengucapkan terimakasih kepada pembina, pengurus dan pengawas yayasan Pemkab Jombang serta tenaga pendidik, tenaga kependidikan STIKES Pemkab Jombang atas pengabdiannya sehingga mampu mengembangkan tenaga kesehatan dan keperawatan yang berkualitas dan profesional,” ungkapnya.

Menurut Bupati Mundjidah, keberhasilan wisudawan wisudawati setelah mengambil pendidikan di STIKES Pemkab Jombang tersebut merupakan langkah awal berjuang dan pengabdian pada masyarakat. Paling tidak keberadaan wisudawan wisudawati di tengah – tengah masyarakat dapat mengurangi masalah kesehatan yang selama ini terjadi. Apapun pekerjaan dan profesi nanti jadilah tokoh yang cerdas, kreatif dan inovatif bersemangat dan penuh tanggung jawab.

“Alhamdulillah, karena Jombang sudah PPKM level 1 sehingga bisa melaksanakan wisuda tatap muka kali ini. Selain harus disyukuri namun juga harus dapat meningkatkan eksistensi dan kinerja STIKES Pemkab Jombang dan dapat mencetak insan – insan yang intelektual dalam membangun bangsa dan negara. Untuk mahasiswa kami mengucapkan terima kasih karena telah bersusah payah baik dari moral maupun material sehingga dapat memenuhi kebutuhan mahasiswa selama mengikuti perkuliahan di STIKES Pemkab Jombang,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua I STIKES Pemkab Jombang Dr. Sestu Retno Dwi A. S.Kp M.Kes menyampaikan Pengambilan sumpah yang dilaksankan wisudawan wisudawati dan civitas akademika Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Pemkab Jombang sebanyak 182 peserta yang terdiri dari 25 wisudawan dari D-III Kebidanan, 32 wisudawan dari D-III Keperawatan, 57 wisudawan dari S1 Keperawatan dan 68 pelantikan dari Pendidikan Profesi Ners. 

“Sedangkan 182 wisudawan dari masing -masing program studi yang mendapatkan predikat cumlaude dengan IPK tertinggi dari Prodi D-III Kebidanan atas nama Mareta dengan IPK 3,83, dari Prodi D-III Keperawatan atas nama Mei Wahyuningsih IPK 3,76, dari Prodi S1 Keperawatan atas nama Karina Widya dengan IPK 3,80 dan dari Prodi Pendidikan Profesi Ners atas nama Melina Mega Prestyani dengan IPK 4,00,” terangnya.

Selanjutnya untuk kegiatan PBM dilaksanakan dilaksanakan di kampus untuk teori dan praktik di laboratorium, sedangkan praktek klinik keperawatan dan kebidanan dilaksanakan di RSUD Jombang, RSUD Dr. Soetomo Surabaya, RSUD Dr. Soedjono Madiun, RS Haji Surabaya, RS Saiful Anwar Malang, RS Jiwa Menoer. Sedangkan untuk praktek bidan mandiri di wilayah Jombang dan Puskesmas wilayah Kabupaten Jombang sebab untuk komunitas dilaksanakan di Desa binaan di wilayah kerja kabupaten Jombang. 

“Saat ini jumlah mahasiswa yang masih menempuh pendidikan di STIKES Pemkab Jombang sebanyak 566 mahasiswa. Selain itu Tahun Akademik 2020/2021 STIKES Pemkab Jombang telah membuka Program Studi baru Sarjana Kebidanan dan Profesi Bidan. Atas nama civitas STIKES Pemkab Jombang kami mengucapkan selamat kepada para wisudawan, orang tua wali beserta keluarga, semoga dengan wisuda ini ilmu saudara dapat bermanfaat dan berguna bagi Nusa dan Negara,” tandas Sestu. 

Secara daring melalui zoom, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL Dikti) Jawa Timur Prof. Dr. Ir. Soeprapto, DEA menyampaikan Kementrian pendidikan dan kebudayaan telah merumuskan empat kebijakan bagi perguruan tinggi yaitu Kampus Merdeka, Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) bagi perguruan tinggi, SNPT (Standar Nasional perguruan Tinggi) dan SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah). Untuk itu, diiharapkan civtas menerapkan pilar – pilar tersebut. Sehingga mampu meningkatkan lagi dan nengikuti dinamiki perkembangan yang ada di luar, sistem yang ada ini jangan hanya berhenti serta jangan hanya ditempat, tapi diharapkan ditambah dan dikembangkan agar bisa beradapatsi dengan dunia luar.

 

“Kami mengapresiasi atas capaian prestasi STIKES Pemkab Jombang yang dalam tahun ke tahun mengalami perkembangan yang, dengan bertambahnya prodi baru. Dalam hal perolahan peringkat perguruan tinggi di tingkat LLDIKTI Wilayah VII Jawa Timur, menunjukkan adanya peningkatan kualitas dalam pengelolaan pendidikan di STIKES Pemkab Jombang,” pungkasnya. (lis)