Caption Foto : Kapolres Jombang didampingi Waka Polres, Kasat Reskrim dan Kasubag. Humas saat menunjukkan barang bukti 

mediapetisi.net – Empat pelaku yang berinisial W (33), SA (25), NSP (26), dan K (26) warga Desa Sekarmojo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan merupakan komplotan spesialis pencurian dengan kekerasan minimarket berhasil diringkus anggota Reserse Kriminal Polres Jombang. Sedangkan dua pelaku  terkena timah panas oleh petugas.

Kapolres Jombang AKBP Agung Setyo Nugroho SIK membeberkan, keempat pelaku berhasil diamankan kurang dari 24 jam di rumah masing-masing setelah melakukan aksinya di sebuah minimarket yang berada di Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Kabupaten Jombang.

“Mereka beraksi pada hari Kamis tanggal 9 September sekira pukul 02:25 WIB dan dua pelaku S dan W kena tindakan tegas petugas karena melawan dan membahayakan petugas dengan membawa senjata airsoft gun saat akan diamankan,” beber Kapolres Agung saat pers rilis di halaman Mapolres Jombang. Jumat (10/9/2021)

Kejadian berawal dua pelaku ke minimarket mengambil 2 botol minuman lalu mendatangi kasir sambil mengisi Flazz sebesar Rp 500.000. Di saat kasir sibuk, salah satu pelaku menodongkan airsoft gun sambil menyuruh menunjukkan letak brankas.

“Waktu ke brankas pelaku menembakkan airsoft gun sebanyak dua kali yang salah satunya mengenai showcase (kulkas) minuman. Setelah sampai di lokasi brankas, korban disuruh membukakan pintu brankas yang ada uangnya sekitar 16 juta rupiah diambil pelaku,” terang Kapolres.

Pelaku mengakui sudah empat kali melakukan aksi pencurian di minimarket. Namun baru kali ini beraksi di wilayah Jombang tertangkap. Kasus tersebut berhasil diungkap dari rekaman CCTV minimarket dan berhasil mengetahui plat nomor kendaraan roda empat yang digunakan pelaku dan anggota mengejar ternyata ke daerah Pasuruan dan pelaku berhasil diamankan.

Sedangkan arang bukti yang diamankan berupa satu unit mobil Avanza putih nopol N 1978 SK, satu pucuk senjata jenis airsoft gun beserta pelurunya, serta uang tunai sisa hasil kejahatan Rp 4.770.000.

“Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya ke empat pelaku terancam pasal pencurian dengan kekerasan (curas) sebagaimana dimaksud dalam Pasal 365 KUHP, dengan ancaman 12 tahun penjara. Guna penyidikan lebih lanjut, keempat pelaku diamankan di Mapolres Jombang,” pungkas Kapolres Agung. (zul)