Caption Foto : Bupati Jombang saat panen raya

mediapetisi.net – Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab bersama anggota Komisi IV DPR RI Ema Umiyyatul Chusnah, ST, M.MPD dan dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jawa Timur, melakukan Panen Raya kegiatan demfarm pengembangan Varietas Unggul Baru (VUB) padi khusus. Hadir juga Asisten,  Kepala OPD terkait, Forkopimcam Peterongan, Kepala Desa beserta para perangkat desa Ngrandulor, para Gapoktan dan kelompok tani di wilayah setempat. Bertempat di lahan pertanian dusun Gempoldampet desa Ngrandulor Kecamatan Peterongan. Sabtu (21/8/2021).

Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab menyampaikan selamat datang kepada anggota Komisi IV DPR RI (Ema Umiyyatul Chusnah, ST, M.MPD dan dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jawa Timur dan terima kasih atas bantuan juga kerjasamanya dengan Pemerintah Kabupaten Jombang dalam memajukan sektor Pertanian.

“Selamat kepada para petani di dusun Gempoldampet Desa Ngrandulor yang telah melaksanakan panen raya padi. Sìemoga usaha yang dilakukan oleh kelompok tani terus meningkat dari tahun ke tahun untuk mendukung program Ketahanan Pangan di Kabupaten Jombang dan usaha kita dalam meningkatkan hasil produksi pertanian di Kabupaten Jombang bermuara pada kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Bupati Mundjidah berharap kegiatan panen raya tersebut memberikan manfaat dan kemaslahatan bagi masyarakat dan mampu membawa Jombang yang lebih berkarakter dan berdaya saing. Sedangkan panen raya kali ini diadakan di denfarm seluas 10 hektar, dengan rincian Lokasi perbenihan seluas 2,5 hektar yang ditanami padi varietas inpari 45 dan nutrizink. Lokasi penelitian atau konsumsi seluas 7,5 hektar yang ditanami padi varietas inpari 45, inpari 42, inpari 32, pamelen (padi merah pulen) untuk penderita diabet dan nutrizink (padi untuk anak stunting)

Panen raya ini merupakan salah satu bentuk wujud syukur dan cerminan motivasi para petani di denfarm, dusun Gempoldampet desa Ngrandulor kecamatan Peterongan. Tujuannya agar kita semua tetap terus bersemangat meningkatkan produksi padi karena sejalan dengan komitmen Pemkab Jombang untuk selalu membantu petani menghadapi tantangan dalam memproduksi pangan secara berkelanjutan.

“Kedepannya, adopsi teknologi yang dihasilkan diharapkan tepat sasaran dan memberikan kontribusi yang nyata bagi petani. Semoga hasil panen kali ini juga panen panen produk pertaniannya lainnya kedepannya  dapat ditingkatkan lagi hasilnya dan dapat menguntungkan bagi masyarakat. Meskipun ditengah pandemi covid-19 kita terus melakukan langkah produktivitas pangan yang signifikan, agar ketahanan pangan khususnya di Jombang dapat tercapai sesuai dengan program ketahanan pangan nasional,” terangnya. 

Bupati juga meminta Dinas Pertanian agar terus melakukan sosialisasi dan penyuluhan agar petani tidak mengalami gagal panen. Meski demikian dengan pemerintah Provinsi dan Pusat diharapkan mampu mengendalikan harga beras di pasaran, serta dapat menaikkan harga gabah dan memberikan solusi terkait akses pemasaran beras.

Meningkatnya hasil produksi pertanian tidak lepas dari dukungan dan peran serta penyuluh pertanian lapangan. ”Untuk itu, lewat kesempatan ini saya menghimbau kepada seluruh Penyuluh Pertanian di kabupaten Jombang agar terus meningkatkan pembinaan dan bimbingan kepada petani kita, sehingga para petani terbantu dalam peningkatan produksi dimasa mendatang.

“Kepada seluruh petani, Kami meminta untuk terus mengolah lahan tidur untuk ditanami berbagai kebutuhan pangan, seperti ubi-ubian, kacang, jagung dan yang lainnya, guna memenuhi kebutuhan pangan, apalagi dalam situasi pandemi covid-19 saat ini,” pungkasnya.

Perlu diketahui, Bupati Jombang selain menyerahkan santunan kepada anak yatim juga