Caption Foto : Bupati Jombang saat peletakan batu pertama pembangunan pasar Perak

mediapetisi.net – Peletakan batu pertama pembangunan pasar Perak Kabupaten Jombang oleh Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab. Ikut mendampingi Sekretaris Daerah KH Ahmad Jazuli, Asisten 1, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Direktur PT. Inneco Wira Sakti Hutama, Perwakilan Polres Jombang, Camat Perak, Kepala Puskesmas Perak dan Kepala Desa Perak. Bertempat di Desa Perak Kecamatan Perak Kabupaten Jombang. Jum’at (6/8/2021)

Dalam pelaksanaan kegiatan peletakan batu pertama, selama pelaksanaan tetap dengan menggunakan protokol kesehatan sangat ketat, masuk area peletakan batu pertama wajib menggunakan Masker, disiapkan cuci tangan dan hansanitizer, dan menggunakan alat pelindung diri proyek.

Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab menyampaikan terimakasih kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah atas bantuan dana yang diberikan untuk pembangunan pasar Perak di Desa/Kecamatan Perak Kabupaten Jombang. 

“Dalam pelaksanaan pembangunan Pasar Perak akan di garap oleh PT Inneco Wira Sakti Hutama dalam waktu 136 hari mulai tanggal 03 Juli 2021 sampai 04 Desember 2021 dengan tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan,” tuturnya.

Caption Foto : Bupati Jombang saat menyerahkan potongan tumpeng kepada Direktur PT Inneco Wira Sakti Hutama.

Bupati Jombang meminta kepada Direktur PT Inneco Wira Sakti Hutama Rhety Phityaswuri agar pekerja atau kuli dalam mengerjakan proyek di ambil dari warga Jombang sendiri, agar warga tetap mendapat pekerjaan dan penghasilan meskipun di masa pandemi covid 19.

“Saya berharap dengan adanya pembangunan pasar Perak bisa memajukan perekonomian masyarakat, dan masyarakat belanja bisa nyaman saat berbelanja serta meningkatkan kesejahteraan Masyarakat serta  Penghasilan Asli Daerah (PAD). Selain itu ada sekitar 16 Pasar di Kabupaten Jombang, setidaknya setiap tahun kita juga memperioritaskan pembangunan pasar agar jauh lebih baik. Kedepan kita juga akan prioritaskan pembangunan pasar tradisional yang ada di Kecamatan,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian kabupaten Jombang, Bambang Nurwijanto menyampaikan dilakukannya pembangunan pasar Perak karena pasar ramai pengunjung, sehingga mampu tumbuh kembang perekonomian masyarakat Perak. Pembangunan pasar Perak dilakukan dengan luas tanah 5.380 meter dan bangunan gedung 2 lantai di antaranya area barang kering, lesehan makan, kios.  

“Lantai 1 diantara tempat belanja dan bagian depan untuk lapak toko sedangkan jarak antara jalan dengan gedung 13 meter, Toko sebanyak 132 unit, kios 232 unit, dan lesehan 363 unit total sebanyak 608 unit,” jelasnya.

Menurut Bambang, pelaksanaan pembangunan Pasar Perak ditandatangani kontrak bersama PT Inneco Wira Sakti Hutama dengan dana bantuan khusus sebesar 6 Miliar.

“Sedangkan untuk pembangunan pasar Perak sebesar 12 miliar, sementara total anggaran yang digunakan untuk pembangunan gedung pasar perak sebesar 7 miliar 240 juta, sehingga dana yang dibutuhkan untuk pembangunan pasar belum dirasakan secara keseluruhan,” pungkasnya. (lis)