Caption Foto : Kepala Desa Brambang saat ditemui di kantornya

mediapetisi.net – masyarakat Desa Brambang Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang 90% sudah melakukan vaksinasi dengan sisa jatah 100 vaksin dari Polsek Diwek Jombang. Senin (12/7/21)

Kepala Desa Brambang Nur Rochmah, S.Psi menyampaikan, Desa Brambang memiliki 3 dusun antara lain Dusun  Legarang, Dusun Brambang dan Dusun Pranggang dengan jumlah 2775 jiwa, laki-laki 1366 dan 1409 perempuan dan dengan jumlah 855 kartu keluarga (KK). Di masa pandemi covid 19, 90% masyarakat Desa Brambang sudah melakukan vaksinasi dan disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah daerah terutama dengan adanya PPKM darurat Jawa-Bali.

“Vaksinasi untuk masyarakat Desa Brambang ini sudah mencapai 90% dan untuk sisanya menunggu jadwal dari Polsek Diwek dengan jatah vaksin 100, sedangkan vaksinasi kemarin mendapatkan jatah 350 dari puskesmas, sementara itu vaksinasi untuk anak dan remaja kita masih nunggu koordinasi dari puskesmas,” tuturnya.

Lanjut Nur Rochmah, Desa Brambang memiliki potensi dibidang pertanian, namun potensi terbesar pertanian ada di Dusun Pranggang karena tanahnya subur dan irigasi pengairannya lancar, sedangkan irigasi di Dusun Brambang masih manual sehingga pengairannya menunggu baliterang di buka terlebih dahulu.

“Meskipun pengairan di Dusun Brambang tidak selancar Dusun Pranggang, tetapi Dusun Brambang rata rata petani yang punya sawah pasti memiliki sumur bor, selain potensi di bidang pertanian di Dusun Brambang juga ada potensi budidaya ternak bebek, sedangkan di Dusun legaran ada budidaya ikan lele,” terangnya.

Tidak hanya itu, Desa  Brambang juga memiliki sebuah bangunan pasar yang sudah di gunakan masyarakat untuk mencari penghasilan sehari-hari, bangunan tersebut disebut dengan Pasar Brambang, hanya saja Desa Brambang hanya memiliki haak guna sebab tanah tersebut milik dari Koramil.

Perlu diketahui, anggaran Desa Brambang Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang, di tahun 2021 di gunakan untuk pembangunan irigasi, aula BUMDes serta sumur resapan yang akan diletakkan di salah satu rumah warga dan di Balai Desa Brambang.

“Dalam situasi yang semakin meningkatnya masyarakat terpapar covid 19 di setiap wilayah, saya berharap agar masyarakat selalu mematuhi protokol kesehatan, mengkonsumsi makanan-makanan yang bergizi, dan jangan terlalu panik dengan adanya covid-19 agar semua bisa terhindar dari wabah covid 19,” pungkas Nur Rochmah. (lis)