Caption Foto : Para atlet cabor atletik saat mengikuti ajang Peparprov

mediapetisi.net – Peparprov Jatim I Tahun 2021 ini memperebutkan Piala Gubernur Jawa Timur untuk menuju Pekan Paralimpik Nasional XVI Tahun 2021. National Paralimpic Comite (NPC) Kabupaten Jombang yang telah mengikuti berhasil menyabet medali, empat emas, dua perak. Medali tersebut disuguhkan atlet cabor atletik.

Ketua Umum NPC Kabupaten Jombang Sodikul Amin menjelaskan medali-medali tersebut disuguhkan oleh dua atlet andalan dari kota santri, Jombang. Yakni Dyah Ekowati, atlet putri disabilitas Rungu Wicara dan Matnur, atlet putra disabilitas Daksa Upper.

“Dyah Ekowati meraih emas dari nomor tolak peluru putri dengan jarak lempar 5,80 meter. Perak diraih Normawati (Kab. Mojokerto II) dengan jarak lempar 5,41 meter (perak) dan Serly Maulinda (Kab. Jember) meraih perunggu dengan jarak lempar 4,51 meter,” ungkapnya.

Sementara itu, Medali emas kedua dari tangan Dyah Ekowati disuguhkan pada nomor lempar lembing putri, yang berhasil melempar sejauh 15 meter, perak di raih Normawati (Kabupaten Mojokerto II) dengan jarak 14,55 meter, perunggu disabet Dewi Istiani (Kabupaten Pamekasan) dengan jarak 10,90 meter. Sedangkan Matnur menyabet emas ketiga dari nomor Tolak Peluru Putra dengan jarak lempar 7,27 meter, perak diraih Slamet Hariyanto (Kabupaten Sidoarjo/7,07 meter), perunggu milik Samuri (Kabupaten Tulungagung/6,40 meter).

Medali emas ke empat bagi Kabupaten Jombang disuguhkan Matnur dari nomor Lempar Lembing Putra. Matnur berhasil mencatat jarak lempat 37,15 meter, ia menggungguli Supriyanto (Kabupaten Magetan/28,20 meter) yang raih perak dan Moch Saerozi (Kabupaten Tuban I/24,50 meter) mendapatkan perunggu. 

“Dua medali perak masih disuguhkan Dyah Ekowati dan Matnur yang turun pada nomor lempar cakram. Dyah Ekowati  meraih perak dengan jarak lempar 19.09 meter, sedang emas disabet Normawati (Kabupaten Mojokerto II) yang mampu melempar sejauh  22,30 meter, sementara perunggu dengan jarak 11,87 meter jadi milik Saraswati (Kota Pasuruan II),” terang Sodikul.

Sedangkan dari nomor lempar cakram putra, Matnur mendapat perak dengan  hasil lempar sejauh 18,90 meter, medali emas jadi milik atlet Satuki (Kabupaten Pasuruan I) yang mampu melempar cakram sejauh 19,20 meter, medali perunggu dengan  jarak lempar 18,80 meter diperoleh Samuri dari Kabupaten Tulungagung.

Peparprov sendiri digelar mulai 20 – 24 Mei 2021 di Lapangan Kodikal Bumi Moro, Perak, Surabaya dan Kabupaten Jombang mengirim 5 atlet, yang turun pada Tenis Meja, Bulu Tangkis, dan Atletik. Sebelumnya tidak menarget medali yang akan diboyong untuk Jombang, agar tidak menjadi beban bagi atlet.

“Mohon maaf tidak semua atlet bisa meraih medali, tetapi Alhamdulillah, dari atlet yang kita kirim bisa menyuguhkan medali terbaik bagi Kabupaten Jombang,” pungkas Sodikul Amin yang juga menjadi atlet PON sepak bola Jawa Timur ini. (lis)