Caption Foto : Sekda didampingi Kapolres Jombang saat diwawancarai awak media

mediapetisi.net – Polres Jombang menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Semeru 2021 dalam rangka Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1442 H/Tahun 2021 dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Jombang Dr. Akh. Jazuli, S.H, M.Si dan Komandan Apel Kapolsek Kota AKP. Bambang Setyo B. Dihadiri Kapolres Jombang, Dandim 0814, Dansat Radar 222, Kajari, Kasatpol PP, Kadishub, PJU Polres dan Senkom. Bertempat di Mapolres Jombang. Rabu (5/5/2021)

Sekretaris Daerah Kabupaten Jombang Dr. Akh. Jazuli, S.H, M.Si menyampaikan Pemeritah telah menyatakan larangan mudik tahun 2021 diatur surat edaran No.13 tahun 2021 dari satgas penanganan Covid-19 tentang peniadaan mudik hari raya Idul Fitri tahun 1442 H. Apel gelar pasukan Operasi Ketupat Semeru tahun 2021 Kepolisan Rebublik Indonesia (Polri) dimulai tanggal 6 sampai 17 Mei 2021 untuk menjaga keamanan dan ketertiban masryarakat, serta menciptakan suasana kondusif, aman dan tertib pada Ramadhan hingga Idul Fitri 1442 H di massa pandemi Covid-19.

“Operasi keselamatan ini fokus pada sosialisasi larangan mudik kepada masyarakat guna memutus mata rantai penularan Covid-19 di tanah air, kesadaran masyarakat untuk menunda mudik dan mengisi lebaran di rumah saja. Upaya ini dilakukan agar Indonesia tidak seperti India yang kini di terjang oleh tsunami Covid-19, setelah masyarakat nya mayoritas Agama Hindhu melakukan ritual keagaman di sepanjang sungai gangga,” terangnya.

Untuk itu, Polres Jombang bersama intansi terkait TNI, Dinas Perhubungan menggelar penyekatan mudik lebaran 5 titik, yang rawan para pemudik di exit tol Bandar, exit tol Tembelang, perbatasan Mojokerto -Jombang di Mojoagung serta di jalur perbatasan Kecamatan Ngoro dan Kabuh.

Jombang juga menyiapkan tempat Karantina bagi warga yang nekad mudik, dengan langkah-langkah 3T Testing, Tracing dan Treatment, menggerakan satgas Covid-19 dari lingkungan terkecil yakni RT/RW, warga diharapkan dapat berkerja sama menjaga lingkungan sehingga angka penularan Covid-19 tidak semakin bertambah.

“Saya perintahkan kepada seluruh jajaran untuk terus meningkatkan kerjasama dengan rekan-rekan TNI serta Stakeholders terkait lainnya. Saya mengucapakan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah berpartisipasi apel gelar pasukan operasi ketupat semeru tahun 2021 mudah-mudahan pelaksanan dapat berjalan dengan lancar,” jelas Sekda Jazuli. 

Untuk mengantisipasi pelaku perjalanan dalam negeri segera maksimal kan kegiatan posko di terminal, bandara, pelabuhan dan stasiun, dalam rangka mengurangi penyebaran covid 19 di hari idul Fitri ada langkah langkah yang perlu di lakukan seperti mendirikan posko terpadu bersama satgas covid 19 dan stake holder terkait yang kedua melakukan operasi gabungan untuk memastikan tidak terjadinya kerumunan, menghindari penumpukan pengunjung.

“Hari ini cek terakhir kesiapan aparatur pemerintah dan stake holder terkait peringatan hari raya idul Fitri. Bagi pemudik akan dikarantina dengan dua kategori yang PMI itu isolasi 2 hari di Surabaya dan 3 hari di Puskesmas dan yang lainnya ada persiapan di indor kemudian di desa desa sesuai dengan petugas satgas desa,” tandas Sekda Jazuli.

Sementara itu Kapolres Jombang AKBP. Agung Setyo Nugroho SIK. MH saat diwawancarai mengatakan untuk total personil gabungan yang diterjunkan di lapangan sebanyak 294 personil. Itu nanti bisa juga kondisional, kalau memang nanti meningkat maka nanti kita akan menambah personilnya, kita sudah ada beberapa cadangan dan bantuan dari TNI,dari teman – teman Dishub, Satpol-PP dan dari Polres sendiri yang memang masih ada cadangan yang masih bisa kita turunkan di lapangan. 

“Untuk saat ini kan namanya operasi sosial, sekecil mungkin kita akan melakukan tindakan – tindakan yang istilah mengingat, untuk sanksinya bagi pemudik akan kita putar balikkan. Saat ini jalur akan kita tutup semuanya, jadi pas tanggal 6 kita ada penyekatan dan kita himbau kepada masyarakat sedemikian mana agar tidak keluar rumah pada saat lebaran, karena untuk menekan penyebaran Covid-19,” pungkasnya. (lis)