Caption Foto : Kapolresta Banyuwamgi saat membuka pembekalan dan pelatihan tentang tracing Covid-19

mediapetisi.net – Personel Bhabinkamtibmas Polresta Banyuwangi mendapatkan pembekalan dan pelatihan tentang tracing Covid-19 dibuka oleh Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Arman Asmara Syarifudin. Pemateri dari Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi dr. Adriyani. Bertempat di gedung Rupatama Wira Pratama Polresta Banyuwangi. Kamis (25/2/2021)

Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Arman Asmara Syarifudin mengatakan pembekalan dan pelatihan tentang tracing Covid-19 untuk Personel Bhabinkamtibmas Polresta Banyuwangi sebagai upaya untuk memaksimalkan penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro terus dilakukan. Kinerja tiga pilar dari tingkat desa yaitu TNI, Polri dan Pemerintah Desa, harus bisa dioptimalkan salah satunya, dalam melakukan tracing kepada masyarakat. 

“Pembekalan ini untuk menambah pengetahuan, peningkatan kemampuan dan efektifitas peran Bhabinkamtibmas sebagai tracer Covid-19. Materi yang disampaikan tentang pengetahuan dasar tentang Covid-19, terutama dalam pencegahan, penelusuaran kontak, pemantauan karantina, isolasi mandiri dan pemberdayaan masyarakat dalam pemantauan karantina atau isolasi mandiri,” terangnya. 

Selain itu, agar anggota Bhabinkamtibmas sebagai tracer Covid-19 dapat memahami tugasnya sebaik mungkin. Bahkan, pelatihan ini bisa menjadi bekal untuk bisa diterapkan dalam bertugas dan bisa dieplementasikan di kehidupan sehari-hari juga memberikan pemahaman kepada masyarakat.

“Kami berharap dapat maksimal guna mempercepat upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Jawa Timur khususnya di Kabupaten Banyuwangi. Selain itu, para anggota Bhabinkamtibmas bisa lebih terlatih dan meningkatkan kemampuan dalam menangani warga terkonfirmasi Covid-19. Kami juga ingin Bhabinkamtimas Pro aktif mensosialisasikan vaksinasi Covid-19 halal dan aman, terus edukasi warga terkait disiplin protokol kesehatan 5M dalam keseharian,” jelas Kombes Arman. 

Kombes Arman menambahkan, setelah mendapatkan pelatihan tersebut para Bhabinkamtibmas bisa mengidentifikasi masyarakat yang teridentifikasi awal covid-19,sehingga bisa langsung ditindak lanjuti. 

“Sebagai pelaksana PPKM skala mikro, tugas dan peran sangat penting sehingga, peningkatan kemampuan juga dibutuhkan,”pungkas Kapokresta Banyuwangi. (lis)