Caption Foto : Bupati Jombang saat menyerahkan bantuan untuk rumah warga di terjang banjir Banjaragung

mediapetisi.net –  Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab didampingi Asisten 3, Kepala Dinas Perkim, Kepala Dinas Kominfo, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) serta Forkopimcam Bareng menyerahkan bantuan untuk rumah warga yang di terjang banjir Banjaragung Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang. Selasa (9/2/2021)

Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab mengakui kalau bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Jombang tentu tidak maksimal jika tidak dibantu juga oleh masyarakat. Untuk itu Bupati Mundjidah menyampaikan terimakasih atas bantuan dan kepedulian masyarakat terutama para donatur donatur yang mampu membantu melengkapi kekurangan yang diberikan oleh Pemerintah.  

“Saya tahu bahwa apa yang diberikan oleh Pemerintah hari ini tentu masih kurang, jauh dari kata cukup. Namun ini bisa menjadi awal untuk kembali membangun rumah yang roboh. Semoga setelah ini akan ada donatur lainnya yang turut berpartisipasi untuk membantu membangun rumah yang roboh ini,” ungkapnya.

Bupati Mundjidah berharap agar warga selalu sabar dan ikhlas dalam menghadapi bencana ini. Dengan adanya bencana ini semoga kita selalu diberi kesabaran dan keikhlasan dalam menghadapi cobaan ini. Yakinlah bahwa bukan hanya warga Banjaragung saja yang bersedih tapi seluruh warga Jombang juga turut bersedih atas bencana tersebut.

“Total keseluruhan bantuan yang akan diberikan pemerintah Kabupaten Jombang nantinya total 227 juta rupiah. Pengiriman bantuan berupa material bangunan akan dilakukan bertahap dan akan dikirim secepatnya. Sedangkan nilai bantuan hari ini sekitar Rp. 43.145.000 dibagi dua tempat yakni di Balai Desa Banjaragung batu bata sebanyak 3000 biji, semen 16 sak, pasir, asbes 9 biji? sesek 9, kayu usuk 17 batang. Sedangkan di Balai Dusun Banjarrejo batu bata sebanyak 6750 biji,  semen 15 sak, pasir, asbes 12, hardboard 2.  Bantuan sebesar 227 juta itu dengan rincian, sebesar Rp.100 juta dibebankan pada anggaran kedaruratan BPBD, sementara sejumlah 127 juta akan dibebankan pada BTT tahun anggaran 2021,” jelasnya.

Sementara itu, Hasan Sulaiman Kepala Desa Banjaragung, menyampaikan terimakasih atas bantuan yang telah diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Jombang. Semoga  rumah ini segera bisa ditempati dan warga bisa kembali hidup normal. Tidak lupa juga saya ucapkan terimakasih kepada para donatur yang telah menyumbangkan berbagai keperluan untuk korban terdampak banjir diwilayah kami.

“Memang banyak bantuan yang telah diberikan oleh masyarakat Jombang, baik dari Instansi maupun Komunitas. Terpantau dilapangan rombongan guru juga memberikan bantuan berupa tas kepada anak anak. Terlihat juga dibalai desa Banjaragung berbagai macam bantuan yang siap disalurkan kepada warga,” pungkasnya.

Suwijianto (65) Warga Banjaragung Kecamatan Bareng sangat senang mendapat bantuan material. Pekan lalu, rumahnya roboh diterjang banjir bandang akibat luapan sungai Pakel. Kini semangatnya kembali tumbuh setelah dia menerima bantuan berupa bahan bangunan mulai dari semen, pasir dan batu bata. Bahan bangunan tersebut nantinya akan dipergunakan untuk membangun kembali rumahnya. (yn/lis)