Kabupaten Jombang Raih Maturitas Level III Penerapan SPIP

 Caption Foto : Wakil Bupati Jombang saat menerima penghargaan

mediapetisi.net – Setelah melewati sejumlah penilaian atau Quality Assurance (QA) dari tim Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) RI. Pemerintah Kabupaten Jombang berhasil mencatatkan prestasi yakni mencapai maturitas level III, dalam penerapan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) dan Kapabilitas Aparatur Pengawas Internal Pemerintah (APIP) Level 3. 

Penyerahan penghargaan dilakukan pada acara Pelantikan Dan Sertijab Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur, Senin (20/1/2020) di Gedung Negara Grahadi Surabaya.

Sertifikat level III SPIP tersebut juga diberikan atas penilaian kapabilitas dan kerja keras Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) di seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) dalam lingkup Pemkab Jombang.

Atas pencapaian tersebut, Wakil Bupati Jombang yang menerima penghargaan ini mengucapkan terima kasih kepada tim BPKP RI, yang selama ini mendorong dan memberikan arahan, serta bimbingan kepada seluruh kepala OPD dan tim SPIP kabupaten Jombang.

“Prestasi ini adalah kerja keras semua OPD, terkhusus untuk tim SPIP inspektorat daerah yang telah bekerja keras memenuhi permintaan data dari BPKP, sehingga kita berhasil meraih maturitas level 3,” ujar Sumrambah.

Kedepannya, lanjut Sumrambah, dirinya tetap meminta seluruh pejabat eselon, untuk terus meningkatkan prestasi kinerjanya menuju maturitas level 4. “Kepada seluruh OPD saya minta untuk tingkatkan terus semangat untuk menuju SPIP level 4,” ucapnya.

Sementara itu, Inspektur Inspektorat Kabupaten Jombang, Eka Suprasetya menjelaskan, maturitas adalah istilah yang menunjukkan ukuran kualitas serta kematangan atau kedewasaan dari sistem pengendalian internal pada suatu organisasi pemerintahan. Semakin tinggi maturitasnya, berarti semakin baik pula kualitas sistem pengendalian intern suatu organisasi dalam tataran Pemerintah Daerah.

“Prestasi ini bukan dikarenakan BPKP, tapi peningkatan level ini karena adanya komitment dari Kepala Daerah dan merupakan prestasi seluruh OPD. Yang memang selama ini juga bekerja keras, dalam penerapan SPIP,” singkatnya.