Caption Foto : Direktur Bidang Komsos Kolonel Kal Najamudin saat membuka sosialisasi

mediapetisi.net  – Pusat Potensi Kedirgantaraan (Puspotdirga) dari Markas Besar TNI AU Jakarta melakukan Pembinaan Potensi Dirgantara (Binpotdirga) dengan Sosialisasi dan Pengawasan di wilayah Satuan Radar (Satrad) 222 Ploso. Diikuti oleh siswa siswi SMA Negeri 1 Ngimbang Lamongan, Tim Aeromodelling, Atlit Paralayang serta Pramuka di bawah binaan Satradar 222 Ploso. Bertempat di ruang Bung Tomo Kantor Pemkab Jombang. Kamis (2/2/2023)

Hadir di Pengawasan dan Sosialisasi yakni Dirbidkomsos Kolonel Kal Najamudin, Dirbidnatdirga Kolonel Kes Irwanto, Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab, Komandan Satradar 222 Ploso Letkol Lek Eka Yawendra, Ketua DPRD Mas’ud Zuremi, Kapolres AKBP Moh. Nurhidayat, Dandim 0814 Lektol Inf. Hanafi, Perwakilan Kajari dan Kepala OPD.

Caption Foto : Pejabat yang hadir bersama warga yang menerima bantuan sosial

Direktur Bidang Komsos Kolonel Kal Najamudin menyampaikan perlu adanya kerjasama TNI AU dengan pemerintah daerah dengan masyarakat dan seluruh komponen bangsa guna meningkatkan potensi kedirgantaraan. Kegiatan tersebut dilakukan secara rutin tiap tahun. Kali ini kebetulan di Satradar 222 Ploso – Jombang

Sosialisasi dan pengawasan tersebut merupakan program kerja Puspotdirga dengan tujuan agar penyelenggaraan pembinaan potensi kedirgantaraan dapat diwujudkan menjadi kekuatan untuk membantu komponen utama pertahanan negara melalui terwujudnya ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh khususnya bagi kepentingan pertahanan matra udara.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada Bupati Jombang Bu Nyai Mundjidah Wahab yang telah menfasilitasi tempat maupun kerjasama yang baik dengan Satradar 222 Ploso. Terima kasih juga kepada Jajaran Forkopimda Kabupaten Jombang yang telah bersinergi dengan Satradar 222 Ploso sehingga kegiatan ini berjalan dengan lancar sesuai harapan kita,” ungkapnya.

Keberadaan Satradar 222 Ploso, Jombang merupakan kepanjangan tangan dari TNI AU di bidang kedirgantaraan. Selama ini Satradar 222 Ploso telah melakukan tugasnya memberikan pengetahuan dan pembinaan potensi kedirgantaraan kepada beberapa elemen masyarakat, termasuk pembinaan yang sudah dilakukan kepada SMA 1 Ngimbang.

“Satradar 222 Ploso sebagai satuan TNI AU di luar komando kewilayahan merupakan kepanjangan tangan TNI AU di garis depan, Sehingga Satradar 222 Ploso mempunyai peranan yang sangat penting untuk mendukung tugas TNI AU dalam rangka menyiapkan dan mewujudkan potensi kedirgantaraan yang ada menjadi komponen cadangan dan pendukung matra udara khususnya di wilayah Satradar 222 Ploso,” terang Najamudin.

Sementara itu, Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab mengapresiasi program pembinaan potensi kedirgantaraan ini yang digagas oleh TNI AU (Angkatan Udara) ini. Karena program ini dapat bermanfaat bagi generasi penerus bangsa, apalagi dalam pelaksanaanya dilakukan langsung oleh TNI AU. Secara tidak langsung sosialisasi dan pembinaan kedirgantaraan ini dapat menumbuhkan jiwa nasionalisme kepada pelajar dan elemen masyarakat. Apalagi programnya juga ke siswa yang hafal Al-Qur’an. 

“Selain itu Puspotdirga dalam kesempatan ini juga melaksanakan bakti sosial berupa sembako sebagai wujud kepedulian pimpinan TNI AU guna meringankan beban masyarakat, mengingat kondisi ekonomi masyarakat yang belum pulih sepenuhnya pasca pandemi Covid-19,” tandasnya. 

Kemudian dilanjutkan penyampaian materi sosialisasi oleh Direktur Bidang Komsos Kolonel Kal Najamudin dan Direktur Bidang Minat Dirgantara Kolonel Kes Irwanto. (lis)