Caption Foto : Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil didampingi Bupati Mundjifah saat ziarah ke Makam Gus Dur

mediapetisi.net – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melakukan kunjungan ke pondok pesantren Tebuireng Jombang Jawa Timur. Jumat sore (21/1/2022) 

Rombongan Ridwan Kamil disambut Pengasuh Tebuireng KH Abdul Hakim Mahfudz atau Gus Kikin, Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab, Dansatradar 222 Ploso, Kajari, Waka Polres dengan menggelar pertemuan di dalem kasepuhan atau rumah induk. 

Selang 30 menit keluar dari dalem kasepuhan, Ridwan Kamil disambut oleh santri Tebuireng yang berasal dari Jawa Barat dan sekitarnya dengan membentangkan spanduk bertuliskan Hispa (Himpunan Santri Pasundan) dan langsung mengucapkan ‘wilujeng sumping’ serta foto bersama.

Selanjutnya Ridwan Kamil beserta rombongan juga Bupati Jombang, Dansatradar 222 Ploso, Waka Polres dan Kajari berziarah ke makam keluarga Tebuireng. Yakni, Hadratussyaikh KH Hasyim Asyari, KH Wahid Hasyim, KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, serta KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah. Doa dan tabur bunga di makam  berlangsung khidmat.

Usai Ziarah, Ridwan Kamil saat diwawancarai awak media mengatakan kunjungannya ke Jatim tidak lepas dari kerja samanya dengan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa yang meliputi dua hal, yakni perdagangan dan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah). Sehingga dirinya melakukan kunjungan-kunjungan ke beberapa tempat di Jawa Timur. 

“Saya juga mengunjungi dan ziarah ke sejarah asal usul Nahdlatul Ulama karena saya bagian dari pesantren Nahdlatul Ulama di Jawa Barat. Kebetulan Kakek saya juga pengurus dan panglima Hizbullah pada zamannya sehingga sekalian menyambungkan tali sejarah itu,” terangnya.

Tidak hanya itu, kunjungan Ridwan ke Tebuireng juga tidak lepas dari hubungan dirinya dengan almarhum KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah yang cukup baik. Gus Sholah pernah mengunjungi Ridwan Kamil di Bandung.

“Waktu itu, saya tidak bisa hadir pada pemakaman Gus Sholah. Hari saya merasa senang bisa ziarah ke makam Gus Sholah. Semoga ini semakin merekatkan hubungan Jawa Timur dan Jawa Barat. Sehingga kekuatan NU yang menjadi obor dalam menjaga NKRI,” pungkasnya. 

Setelah dari Ponpes Tebuireng, Ridwan Kamil dan rombongan bergeser ke PPBU (Pondok Pesantren Bahrul Ulum) Tambakberas Jombang. (lis)