????????????????????????????????????

Caption Foto : Bupati Jombang saat menyerahkan Trophy, Piagam Prestasi dan Uang Pembinaan bagi Juara Putri Kejurprov Jatim Bola Voli 

mediapetisi.net – Kompetisi bola voli antar Klub Kejuaraan  Provinsi (Kujurprov) Jawa Timur tahun 2021, yang berlangsung sejak 29 November di GOR Merdeka Jombang sudah berakhir. Jumat Malam (3/12/2021)

Bupati Jombang, Hj Mudjidah Wahab, bersama Wakapolres Jombang dan jajaran OPD Pemkab Jombnag menutup kejuaraan setelah menyaksikan pertandingan final tim putri antara Bank Jatim melawan Tim Putri Joyoboyo, Kota Kediri dengan kemenangan Bank Jatim skor 3-1 (25-22, 25-17, 24-26, 27-25).

Pertandingan yang dimulai Senin (29/11/2021) yang dibuka oleh Wakapolda Jatim Brigjend  Polisi Drs Slamet Hadi Supraptoyo, SH., MH, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Sebanyak 96 klub terdiri atas  59 tim putra, dan 37 tim putri, berasal dari 29 daerah dari 38 kota/kabupaten se-Jawa Timur berjuang habis-habisan, yang akhirnya menghasilkan  4 juara putr, 4 juara putri. Masing-masing juara memperoleh piala tetap, piagam prestasi dan uang pembinaan, Juara I Rp 2,5 juta, Juara II Rp 2 juta, Juara III Rp 1,5 juta, dan Juara IV Rp 750 ribu.

Klub IVOP dari Kabupaten Pacitan berjaya pada gelaran tahun ini. Tim Putra berhasil menjadi Juara I (satu), sementara tim Putri IVOP Pacitan mampu sebagai Juara IV (empat). Juara 3 putri yakni Klub BMC Ngawi, menundukkan IVOP 3-1 (25-20, 29-27, 16-25, 25-22).

Juara 3 putra diduduki Klub BBV Surabaya, dan Juara 4 Klub  Aruna Putra dari Gambiran, Kabupaten Banyuwangi. Aruma Putra harus mengakui kemenangan  BBV  Surabaya pada tiga game, sehingga skor 3-0 milik BBV (25-11, 25-20, 25-13).

Pada partai final tim putra IVOP, berhasil menumbangkan Klub Puput VC Kota Mojokerto dengan skor telak 3-1. Bertanding selama 55 menit, tim IVOP menang dengan  skor 25-17, 25-18, 23-25, 25-23.

Sedangkan tim Putri IVOP dalam pertandingan di lapangan 1 (satu) tumbang dari kekompakan Putri BMC Ngawi dengan skor 1-3. Serangan dan kombinasi permainan BMC lebih variatif sejak babak awal, sehingga bisa mengakhiri 25-20, 29-27, 16-25, 25-22.

Pada partai final putri, pertandingan cukup seru, dukungan sporter dari atas tribun bergemuruh, teriakan member dukungan dan tepukan suara botol minuman kemasan nambah suasana meriah, semangat kedua tim terpacu.

Perolehan angka kejar-kejaran tiap game. Pada game ke empat tim Joyoboyo nyaris memenangkan pertandingan, menyamakan skor 25-25. Namun beberapa kesalahan tidak bisa menerima smash dari putri Bank Jatim, membuat pertandingan berakhir dengan skor 27-25 untuk Bank Jatim, dan perlawanan berkesudahan 3-1.

Bupati Jombang Hj Mudijdah Wahab dalam penutupan, menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada masyarakat Jombang dan kontingen peserta, karena bisa mendukung dan mengikuti pertandingan dengan menjaga protokol kesehatan.

Bupati berharap, pertandingan dan kejuaraan serupa ini perlu ditingkatkan secara kualitas maupun kwantitas. Bola voli merupakan olahraga murah dan popular di masyarakat, mudah dipelajari dengan ketekunan. “Untuk itu, mari kita tingkatkan, kita junjung kekompakan dan kita jaga sportifitas. Olahraga ini terbukti menghibur,” ajak Bupati.

Melalui olahraga bola voli bisa menumbuhkan perekonomian sekitar, menambah ukuwah jalinan silaturahmi antar daerah, karena pada prinsipnya olahraga ini untuk menjalin hubungan baik dan meningkatkan prestasi.

“Jalannya pertandingan sudah sangat baik, dukungan masyarakat juga baik. Meski demikian, kedepan, PBVSI  perlu melakukan evaluasi atas kekurangan, agar pergelaran tahun depan lebih baik lagi, lebih profesional dalam penyelenggaraan,” pungkas Bupati Mundjidah. (lis)