Caption Foto : Mahasiswa KKN bersama Dosen Pembimbing Lapangan Dra. Yuliati, M.Hum

mediapetisi.net – Sejumlah mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) asal Kabupaten Nganjuk Jawa Timur menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN) pulang kampung selama 45 hari mulai tanggal 11 Juni sampai dengan 25 Juli 2021. Pembukaan KKN oleh Dosen Pembimbing Lapangan dari UNM Dra. Yuliati, M.Hum. dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Bertempat di Balai Desa Desa Cengkok, Kecamatan Ngronggot, Kabupaten Nganjuk. Sabtu (12/6/2021)

Dosen Pembimbing Lapangan Universitas Negeri Malang Dra. Yuliati, M.Hum menyampaikan KKN pulang kampung merupakan salah satu program KKN yang ada di kampus Universitas Negeri Malang, selain KKN reguler dan KKN tematik. Kegiatan kuliah kerja nyata atau KKN ini telah dilakukan di berbagai Desa di Nganjuk dengan berbagai program yang bermanfaat bagi warga.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada pihak desa yang telah menerima mahasiswa UM dengan baik untuk melakukan KKN di Desa Cengkok sebagai bentuk pengaplikasian ilmu yang sudah didapatkan sebelumnya. Karena masih pandemi Covid-19 sehingga untuk KKN ini pihak dari kampus memberikan kebijakan untuk mahasiswa-nya melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata di desa domisili masing-masing dengan syarat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan,” terangnya. 

Menurut Yuliati, pelaksanaan KKN Pulang Kampung dilaksanakan selama 45 hari dimulai 11 Juni 2021 sampai 25 Juli 2021 dengan beberapa program diantaranya sport kid, kerja bakti dan membantu belajar anak-anak di Desa Cengkok.

“Jadi, mahasiswa memang kami arahkan untuk membuat program kerja yang bisa membantu warga,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Cengkok melalui Adit selaku Sekretaris Desa, menyambut baik mahasiswa dan berterima kasih kepada pihak Universitas Negeri Malang yang telah mengijinkan mahasiswanya untuk melaksanakan KKN di desanya. “Kami berharap kegiatan KKN yang diwujudkan dalam bentuk bakti sosial ini, menjadi sebuah amal sholeh dan mendapat ridho dari Allah SWT,” ucapnya.

Di tempat yang sama Koordinator KKN di desa Cengkok Hildhan Umanta Prabasmana menjelaskan bahwa kegiatan KKN dilakukan dengan pembagian kerja terukur dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Progam kerja yang dibuat akan berjalan selama 45 hari dan kelompoknya akan bekerja sesuai timeline. 

“Saya sebagai koordinator desa, mewakili teman-teman, mohon support dari pihak pemerintah desa sehingga dapat menambah komunikasi dan kerjasama yang baik antara pihak desa dan juga mahasiswa yang akan menjalankan progam kerja. Terdapat 10 progam kerja yang akan dijalankan selama 45 hari dan akan dilaksanakan agenda rutin seperti kegiatan sport kid, kerja bakti dan membantu belajar anak-anak di Desa Cengkok,” pungkasnya. (lis)