Caption Foto : Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat ikut potong padi menggunakan mesin pemotong padi

mediapetisi.net – Menteri Pertanian Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, SH, M.Si, MH mengikuti langsung panen raya Musim Panen MP 2020/2021 ditandai dengan potong padi menggunakan mesin pemotong padi. Ikut mendampingi Bupati Jombang bersama Forkopimda, Wakil Bupati Jombang, Anggota Komisi IV DPR RI, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, Forpimcam dan Kepala Desa. Bertempat di area sawah Desa Kedungrejo, Kecamatan Megaluh Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Sabtu (27/3/2021)

Menteri Pertanian Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, SH, M.Si, MH meyakini Indonesia akan bangkit dari masa sulit pandemi Covid-19 lewat sektor pertanian. Jangan ragukan sektor pertanian karena sektor pertanian mampu membangkitkan perekonomian masyarakat. Sehingga pemerintah berupaya menjamin makan dan ekonomi pertanian masyarakat bisa tetap berputar seperti semula.

“Kabupaten Jombang memiliki potensi bagus, cuaca bagus, tanah bagus, ini modal Jombang menjadi lumbung pangan dan menuju kesejahteraan masyarakat. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Jombang lebih memfokuskan pembangunan di sektor pertanian,” ungkapnya.

Menurut Yasin, pertanian merupakan sumber kehidupan yang bersahabat dengan alam. Untuk itu, jka ingin sejahtera fokuslah pada pertanian. Kalau pertanian baik, akan baik sektor – sektor lainnya karena pertanian tidak mengingkari janji. Akan tetapi kalau waktunya panen harga menjadi dinamis karena ketika banyak barang, maka harga turun namun hal tersebut sebentar.

“Saya berharap masyarakat tidak terlalu cepat untuk menjual hasil panen karena ┬ákalau masih banyak barang akan turun sehingga pedagang membeli dengan harga murah, ya memang ilmu ekonomi begitu. Namun masyarakat terus membutuhkan beras, tetapi padi masih bisa diolah menjadi yang lain, begitu juga dengan Jagung. Untuk itu harus disangga semua, tidak pemerintah saja, BUMN, BUMD harus digerakkan untuk menyerap hasil panen masyarakat meski tidak semuanya,” tandasnya.

Perlu diketahui, sebelum mengikuti panen raya Mentan RI Syahrul Yasin Limpo melakukan kunjungan di Ndalem Kasepuhan Tambak Beras menuju Gedung Serba Guna menghadiri Acara Wisuda Universitas KH. A. Wahab Hasbullah (UNWAHA) memberi Orasi Ilmiahnya tentang “Kebijakan Pembangunan Pertanian Di Era Teknologi Digital”. Dan menyapa Petani Muda Milenial di Pendopo Kabupaten Jombang dengan memberikan pengarahan pada BIMTEK. (lis)