Caption Foto : Perwakilan Bakesbangpol saat pemaparan

mediapetisi.net – Peran Organisasi Kemasyarakatan dalam Pembangunan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol). Bertempat di Green Red Hotel Syariah Jombang, Selasa (27/10/2020).

Perwakilan Bankesbangpol Eva Yunimar S.H., menyampaikan, kegiatan yang saat ini berlangsung memiliki tujuan untuk melakukan pendataan ulang setiap Ormas yang ada di Kabupaten Jombang. Pada tahun 2021 Pemerintah Pusat akan memberlakukan pendataan online, yang artinya segala data Ormas harus dilakukan pembaruan dan dapat diakses secara online. Serta pentingnya melakukan registrasi ulang bagi Ormas adalah untuk bisa mendapatkan pelayanan dari Bakesbangpol.

“Saat ini kita tidak mengumpulkan seluruh organisasi kemasyarakatan tetapi hanya organisasi kepemudaannya saja, untuk memberikan himbauan agar ¬†melakukan registrasi ulang bagi Ormas yang legalitasnya berupa SKT, sebab masanya hanya berlaku 5 tahun,” terangnya.

Lanjut Eva, Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) merupakan sebuah organisasi yang didirikan oleh masyarakat secara sukarela berdasarkan kesamaan aspirasi, kehendak, kebutuhan, kepentingan, kegiatan serta tujuan untuk berpartisipasi dalam pembangunan demi tercapainya tujuan nasional Negara Indonesia dengan tetap berpedoman pada Pancasila dan Undang-Undang 1945.

Menurut Eva, Ormas memiliki peran penting dalam kehidupan bangsa maupun negara. Sebab Ormas sebagai penggerak dan memiliki hak politik, dengan catatan tindakan yang dilakukan dapat sesuai dengan koridor yang berlaku.  

“Kedepan Ormas akan menjadi mitra pemerintah dalam melakukan pembangunan daerah. Konflik-konflik yang berhubungan dengan pemerintah dapat diminimalisir,” harapnya.

Selain itu, dalam perjalanannya, Ormas memiliki beberapa tantangan yang dihadapi dalam negara. Saat ini yang menjadi sebuah tugas bersama yakni Narkoba, Indonesia menjadi negara dengan peringkat ke 3 tingginya tingkat narkoba. Disini Ormas dapat menghadapai tantangan dengan membuat event yang tujuannya adalah untuk menuntaskan generasi muda dari pengaruh narkoba. 

“Saya berharap kedepan gerak dari Ormas selalu dalam koridor, sebab Ormas dan Pemerintah akan menjadi mitra. Bakesbangpol juga akan memberikan fasilitas bagi Ormas jika ingin mengadakan kegiatan, utamanya kegiatan yang memiliki dampak besar bagi pemberdayaan Ormas,” pungkasnya. (Ila)