Wakil Bupati Jombang : Inisiatif Lakukan Perawatan Kawasan Hutan

29

Caption Foto : Wakil Bupati Jombang saat lakukan penanaman pohon

mediapetisi.net – Pemerintah Kabupaten Jombang Sinergi dengan Perhutani KPH (Kesatuan Pengelolaan Hutan) Mojokerto dan LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan) BKPH (Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan) Tapen melaksanakan penghijauan gunung pucangan di Desa Cupak Kecamatan Ngusikan Kabupaten Jombang. Rabu (12/02/2020). 

Wakil Bupati Jombang Sumrambah menyampaikan banyak terobosan dilakukan untuk memulihkan kondisi mata air, salah satunya adalah ajak masyarakat peduli lingkungan berbentuk penanaman pohon atau penghijauan di daerah hutan yang berada di kabupaten Jombang.

“Kondisi sosial di masyarakat saat ini dipengaruhi oleh berapa banyaknya kawasan industri di masing-masing daerah bukan lagi di nilai dari seberapa luas hutan yang masih terjaga, maka dari situlah pemerintah Jombang memiliki inisiatif melakukan perawatan kawasan hutan dengan bentuk lakukan penghijauan di kawasan perhutanan di Kabupaten Jombang,” ungkapnya.

Menurut Sumrambah, kebutuhan Perhutani selama 1 tahun yakni mencapai 6 triliun, seharusnya 6 triliun ini menjadi tanggung jawab Negara, dari 27% sekarang tinggal 17% dari lahan hutan yang eksis di pulau Jawa dikembalikan ke fungsi ekologis menjadi hutan tutupan dan menjadi penyangga pulau jawa.

Apresiasi tinggi juga disampaikan oleh Sumrambah atas sumbangsih dan kepedulian Lembaga Masyarakat Daerah Hutan karena telah bersedia menjaga hutan. 

“Yakinlah kita akan bangkit bukan dari industri melainkan akan bangkit dari agraris, jika dulu kebangkitan dari jalur industri tetapi yakinlah bahwa kebangkitan dunia kedepan akan dimenangkan oleh jalur rempah, jalur rempah itu adalah Nusantara,” terangnya.

Tidak hanya itu, seperti apa yang telah di bicarakan oleh Presiden Jokowi bahwasanya kedepan ingin mematenkan tanaman endemis di seluruh Indonesia karena hanya tanaman Indonesia yang akan bisa memenuhi kebutuhan enzim dunia, hampir 75% enzim seluruh dunia berada di tanah Indonesia, tandas Sumrambah.

Sementara itu ADM KPH Mojokerto Suratno menjelaskan bahwa KPH Mojokerto meliputi 3 wilayah yang mencakup 3 Kabupaten yakni Jombang, Lamongan dan Mojokerto, sedangkan luas yang masuk di Kabupaten Mojokerto hanya 12%, lebih luas KPH Jombang yang mencapai 14% sisanya masuk di Kabupaten Lamongan.

“Wilayah KPH Mojokerto tertinggi yakni di gunung Pucangan, sehingga sangat tepat hari ini di canangkan inisiatif dari Wakil Bupati Jombang untuk melaksanakan penghijauan ini dengan harapan wujud syukur sedekah bumi kepada Tuhan yang Maha Esa,” ujarnya.

Kali ini kerjasama antara Perhutani dan LMDH agar dari LMDH sendiri memiliki kesempatan lebih luas dengan membentuk Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) agar bisa mendapatkan support dan bantuan dari lembaga kementrian di seluruh Indonesia, sehingga kedepan kolaborasi pembangunan hutan yang bertujuan kesejahteraan masyarakat dan kelestarian hutan tercapai,” pungkasnya.

Perlu diketahui, kegiatan diawali dengan penanaman pohon beringin dan aren secara simbolis oleh Wakil Bupati Jombang Sumrambah. Selain itu, Wakil Bupati Jombang  memberikan bantuan berupa mesin pemotong rumput dan alat semprot hama kepada LMDH setempat di Pendopo Gunung Pucangan Desa Cupak.