Caption Foto : Bupati Jombang didampingi Wabup dan Forkopimda saat menandatangani prasasti

mediapetisi.net – Peresmian program pembangunan tahun 2019 kabupaten Jombang oleh Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab. Dihadiri Wakil Bupati Jombang, Forkopimda, Sekda, Asisten, Staf Ahli, Keala OPD, Kabag. Lingkup Pemkab, Camat, Kades se Kecamatan Bareng, Kepala Puskesmas dan Warga. Bertempat di Balai Desa Pulosari Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang. Selasa (4/2/2020)

Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab menyampaikan bahwa pada tahun 2019 yang lalu Kabupaten Jombang memiliki program strategis pembangunan di mana program strategi pembangunan tersebut terdapat pada Organisasi Perangkat Daerah diantaranya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang pembangunan jembatan Desa bongkot dan peningkatan Jalan penggaron Wonosalam. Dinas Perumahan dan Pemukiman pembangunan rehabilitasi drainase trotoar di Jalan kemuning Desa Candi Mulyo Jombang.

Dinas Kesehatan pembangunan Puskesmas Jogoloyo dan Kesamben. Dinas pertanian pembangunan gedung balai Penyuluhan pertanian BPP kecamatan Diwek. Pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan pembangunan rehabilitasi ruang kelas SMPN 1 Ploso, ruang kelas SDN jatibanjar 2. 

Sedangkan Dinas Perdagangan dan Industri pembangunan gedung pertokoan dan koperasi pasar permanen rehabilitasi pasar Peterongan sebagaimana diketahui bahwa ketersediaan prasarana fisik merupakan faktor penunjang pembangunan pengembangan suatu wilayah sebagai bagian dari sistem transportasi seperti jembatan tidak hanya mempunyai peranan penting terutama dalam mendukung bidang ekonomi sosial dan bidang serta lingkungan tetapi juga merupakan unsur penting dalam pengembangan kehidupan berbangsa dan bernegara dalam pembinaan persatuan dan kesatuan bangsa wilayah negara dan fungsi masyarakat serta dalam memajukan kesejahteraan umum, jelas Mundjidah.

Menurut Mundjidah, selain memanfaatkan hasil program pembangunan 2019 yang telah dituntaskan juga menghimbau kepada seluruh warga agar senantiasa merawat hasil program pembangunan seperti saluran air Puskesmas, sekolahan,  jembatan, jalan dan lainnya. Terkait pembangunan jembatan, kepada  masyarakat partisipasinya serta melaporkan apabila banyak kendaraan yang melebihi batas kemampuan untuk mengingatkan kendaraan bertonase besar dan sering melintas sekitar jembatan program pembangunan yang telah selesai dibangun. 

“Semua itu harus dilihat masyarakat sebagai aset bersama sehingga mempunyai tanggung jawab moral untuk menjaga dan merawat secara bersama-sama agar bangunan ini bertahan lama dengan dibangunnya berbagai sarana dan prasarana ini sungguh sungguh sangat membantu masyarakat dan mudah-mudahan ke depan juga infrastruktur yang terkait pembangunan jalan akan lebih baik dari sekarang pemerintah Jombang terus berupaya agar tidak ada lagi desa terpencil Yang tertinggal,” pesannya.

Pembangunan yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan dan tepat sasaran pada masyarakat pemerintah hanya memfasilitasi dari aspirasi masyarakat sehingga tercipta suatu keadaan yang transparansi karena masyarakat turut serta dalam proses pelaksanaan pembangunan sejalan dengan semangat kebersamaan ini pula maka saya menggarap partisipasi dan peran aktif dari seluruh komponen dan elemen masyarakat agar kerjasama dan komunikasi yang baik antara pemerintah dengan semua elemen masyarakat tetap terjalin dengan baik demi mewujudkan visi Jombang yang berkarakter dan berdaya saing, tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Jombang Miftahul Ulum mengatakan dengan adanya kegiatan pembangunan pada seluruh wilayah kabupaten Jombang maka Pemerintah optimis akan memiliki dampak yang besar pada peningkatan struktur perekonomian di Kabupaten Jombang. Dimana adanya prasarana dan sarana tersebut akan bermanfaat untuk seluruh masyarakat setempat namun juga sektor-sektor yang lain seperti industri pertanian, perdagangan serta sektor jasa juga dapat ikut merasakannya. 

“Saya berikan contoh pembangunan jalan penggaron Wonosalam yang telah dilaksanakan pembangunannya saat ini sepanjang 8 KM pembangunan jalan ini tidak hanya berfungsi untuk kelancaran aksesbilitas masyarakat namun juga menarik pelaku usaha untuk datang berinvestasi diharapkan dari adanya pembangunan ini wilayah sekitar akan memiliki daya saing yaitu kemudian aksesbilitas. Pada tahun 2019 ini Kabupaten Jombang memiliki beberapa program strategis Pembangunan yang dilaksanakan oleh OPD untuk mendukung dan mewujudkan visi Jombang yang berkarakter dan berdaya saing,” pungkasnya.