Caption Foto : Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jombang bersama Camat dan Tim PKK Kecamatan dan Desa

mediapetisi.net – Pelantikan Tim penggerak PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) Desa se Kecamatan Jogoroto dan se Kecamatan Mojowarno. Dihadiri Camat, Danramil, Kapolsek Jogoroto dan Mojowarno, Bapak/Ibu Kepala Desa, Ibu Bhayangkari dan Persit, serta Tim penggerak PKK lama dan baru Bertempat di Pendopo Kecamatan Jogoroto. Selasa (21/1/2020).

Ketua Tim penggerak PKK Kabupaten Jombang, Wiwin Sumrambah menjelaskan bahwa, Pelantikan sesi terakhir tim penggerak PKK Desa di Kabupaten Jombang telah melewati 10 titik dengan melantik 286 ketua tim penggerak PKK Desa yang harus segera bekerja dengan susunan pengurusnya dengan melantik 11 tim penggerak PKK Desa se Kecamatan Jogoroto dan 19 tim penggerak PKK Desa se Kecamatan Mojowarno.

Sesuai aturan kebijakan dari tim penggerak PKK Provinsi Jawa Timur bahwa 50% dari pengurusnya tidak boleh diganti, agar dapat segera bekerja karena persoalan di masyarakat yang didampingi PKK sudah menunggu aksi dari tim penggerak PKK yang baru.

“Peran PKK sebagai mitra pemerintah daerah, Kecamatan dan Desa untuk bersama mengajak masyarakatnya berjuang agar tidak ada lagi penderita demam berdarah pada musim hujan saat ini yang telah mengalami perubahan gejala”, ajaknya.

Lanjut Wiwin, peran PKK yang sesungguhnya menjadi media pendidikan ibu rumah tangga dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga. PKK sebagai tempat mencari ilmu bagi ibu rumah tangga, sehingga terwujud kesejahteraan keluarga. Dalam 10 program pokok PKK diharapkan PKK berperan nyata dalam pembangunan keluarga, karena besarnya Negara bergantung pada kuatnya sebuah keluarga.

“Mari bersama-sama kita hapuskan stigma PKK yang hanya ruang arisan dan tempat berkumpulnya orang sekitar kekuasaan. Ayo PKK menjadi pendamping ibu rumah tangga dan kepada kepala Desa sebagai pembina PKK agar ikut membaca buku raker PKK untuk dijadikan dasar pembuatan keputusan kegiatan dan pengetahuan kelembagaan PKK, serta agar memahami tugas PKK yang sangat banyak dan mampu menghapus stigma negatif ke PKK,” ajaknya.

PKK bukan organisasi perempuan, tetapi dapat diikuti oleh anggota laki-laki dan PKK juga memiliki tugas yang sangat berat, karena seluruh kegiatan sosialisasi yang paling cepat berasal dari PPK yang terorganisir dengan kepengurusan lengkap dari pusat hingga dasawisma.

PKK Kabupaten sudah memiliki kesamaan visi dalam melaksanakan tugas PKK dan berharap PKK Desa yang lebih banyak bergerak karena berhadapan secara langsung dengan ibu rumah tangga dengan pendampingan dari tim penggerak PKK Kabupaten yang dapat berkonsultasi tentang kegiatan PKK agar komunikasi tetap terjaga mulai dari tingkat Kabupaten, Kecamatan dan Desa, sehingga nilai kekompakan dan nilai kegiatan dapat di akui oleh masyarakat, harap Wiwin.

Sementara itu, Ketua Tim penggerak PKK Kecamatan Jogoroto, Anggi Purwanto yang melantik 11 Tim penggerak PKK Desa se Kecamatan Jogoroto berharap, Tim penggerak PKK Desa ¬†yang baru dilantik agar dapat melaksanakan tugas, kewajiban dan tanggungjawabnya sebagai Tim penggerak PKK Desa dengan baik, untuk program unggulan dari tim Penggerak PKK Desa yang ada di Kecamatan Jogoroto hanya mengikuti dari program PKK Kabupaten dan membina yang berada di Desa dengan saling memberikan informasi,” ungkapnya.

Sedangkan Ketua Tim penggerak PKK Kecamatan Mojowarno Arifah yang melantik 19 ketua Tim penggerak PKK Desa se Kecamatan Mojowarno berharap, Tim penggerak PKK Desa yang baru dilantik kedepan dapat bersinergi dengan Kecamatan dan membantu PKK dalam menjalankan 10 program pokok PKK dan mengedepankan program stunting, gizi buruk dan mengurangi sampah plastik, pungkasnya. (rin)