Caption Foto : Pengukuhan ketua dan pengurus PERWOSI oleh Ketua KONI

mediapetisi.net – Pengukuhan Pengurus Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (PERWOSI) Kabupaten Jombang masa bhakti 2019-2023 dilanjutkan penandatanganan berita acara dan penyematan pin PERWOSI , serta penyerahan bendera PERWOSI oleh Ketua Umum Komite olahraga Nasional Indonesia (KONI) kepada ketua PERWOSI baru. Bertempat di ruang pertemuan gedung PKK Kabupaten Jombang. Rabu (9/10/2019).

Kabupaten Jombang masa bhakti 2019/2023 oleh wakil ketua III bidang Organisasi. Setelah itu, pembacaan kata-kata pengukuhan, penandatanganan berita acara dan penyematan pin PERWOSI , serta penyerahan bendera PERWOSI oleh ketua umum Komite olahraga Nasional Indonesia (KONI) kepada ketua PERWOSI yang baru.

Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab mengatakan dalam rangka mengolahragakan dan memasyarakatkan olahraga, PERWOSI secara kelembagaan berkomitmen dan konsisten menjadi mitra pemerintah di bidang olahraga. Mundjidah juga mengajak untuk bersama-sama membesarkan organisasi ini dengan memberikan manfaat baik bagi diri sendiri, masyarakat, keluarga maupun masyarakat Jombang dan menginginkan agar program PERWOSI dilangsungkan oleh masyarakat dan setiap event olahraga, wanita olahraga yang ada di kabupaten Jombang ikut bagian agar meningkatkan eksistensi wanita di seluruh Indonesia untuk mengembangkan olahraga sesuai dengan budaya dan kepribadian bangsa Indonesia.

“Olahraga kini dipandang sebagai bagian dari kebutuhan hidup manusia, saat ini wanita juga banyak menghabiskan waktu untuk bekerja atau beraktivitas lain sehingga sudah tidak memiliki waktu untuk olahraga. PERWOSI diharapkan mampu memberikan motivasi kepada masyarakat untuk hidup sehat dengan olahraga teratur. Peran PERWOSI sangat penting sebagai pendamping atlet agar mencapai prestasi untuk mencari bibit atlet wanita unggulan bekerja sama dengan KONI dan mengolahragakan masyarakat agar meningkatkan kecintaan terhadap olahraga,” ungkapnya.

Lanjut Mundjidah, dengan adanya kepengurusan PERWOSI yang baru diharapkan agar lebih baik lagi, lebih aktif dalam memajukan perempuan dibidang olahraga. PERWOSI membantu pemerintah dalam kegiatan preventif dan promotif, meski diantara keterbatasannya dengan penuh semangat melakukan pengabdian dengan ikhlas. PERWOSI merupakan bagian dari berbagai institusi yang terlibat dalam bidang olahraga, termasuk KONI. PERWOSI kabupaten Jombang juga harus melestarikan olahraga tradisional yang memiliki nilai filosofi yang tinggi dan dapat mempererat tali persatuan dan kesatuan antar masyarakat.

“Terbentuknya kepengurusan PERWOSI kabupaten Jombang yang baru, kegiatan olahraga rekreasi yang telah ada dan berkembang dapat lebih terorganisir agar lebih berkembang dan meningkat derajat kesehatan masyarakat. Selain itu, PERWOSI juga dapat membentuk club-club olahraga rekreasi mulai dari tingkat Desa hingga kecamatan, bahkan Kabupaten. Bupati Jombang juga yakin bahwa pengurus PERWOSI yang baru berpotensi untuk meningkatkan dan mengaktifkan olahraga,” harapnya.

Sementara itu, Ketua umum KONI Kabupaten Jombang, Tito Kadarisman, S.Psi, S.Pd, M.Si, C.ht mengatakan, KONI memiliki visi misi yang sama dalam meningkatkan prestasi kabupaten Jombang dibidang olahraga menuju Jombang yang berkarakter dan berdaya saing. PERWOSI merupakan organisasi induk atau badan serta mitra pemerintah untuk mengsukseskan dan meningkatkan prestasi dicabang olahraga prestasi khususnya bagi wanita. PERWOSI berada dalam naungan KONI mulai dari Pengurus Besar, pengurus Provinsi maupun pengurus Kabupaten, maka PERWOSI layak dalam mendorong dan menggerakkan olahraga prestasi khususnya wanita sesuai dengan AD ART PERWOSI Nasional. Tito berharap setelah pelantikan nantinya dapat melahirkan gagasan dan program kerja yang lebih meningkatkan peran PERWOSI sebagai penggerak induk olahraga, khususnya wanita, baik olahraga prestasi maupun mendorong wanita untuk cinta pada olahraga yang berpengaruh pada kesehatan dan menciptakan keluarga yang bahagia. PERWOSI dibawah naungan KONI sebagai mitra dan berperan dibidang olahraga wanita, jelasnya.

Ketua PERWOSI yang baru, Hj. Nuryatin Djazuli, S.Pd, mengatakan bahwa engukuhan ini sangat ditunggu oleh pengurus PERWOSI Kabupaten Jombang. Nuriyatin menyampaikan terimakasih atas dukungan dan kepercayaan yang diberikan untuk mengemban tugas dengan dukungan dan motivasi yang diberikan kepada pengurus PERWOSI. Dalam pengurusan yang baru  4 tahun kedepan PERWOSI Jombang terus maju menghidupkan semangat dalam memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat dengan program yang lebih baik, membuat jaringan PERWOSI sampai ke tingkat Kecamatan dan Desa dengan menjalin kerjasama dengan insan olahraga yang ada dan membantu KONI demi kemajuan dan prestasi olahraga di Jombang.

“PERWOSI harus berperan aktif ditengah masyarakat dengan mendorong dan memotivasi kaum wanita untuk membudayakan olahraga melalui olahraga untuk membentuk wanita berjiwa dan raga yang sehat, mengajak wanita agar terus berolahraga dan menjaga kesehatannya sehingga membentuk keluarga yang sehat dan memiliki etos kerja, serta daya saing tinggi, karena wanita berperan penting dalam keluarga. Mari kita berupaya membangun dan meraih prestasi dengan berupaya membangun organisasi PERWOSI yang profesional dan transparan, serta membina atlet berprestasi yang nantinya akan dilakukan melalui program kerja tahunan,” pungkasnya. (rin)