Caprion foto : Kajari beserta ibu dan segenap pegawai kejaksaan

mediapetisi.net – Pertemuan Rutin Ikatan Adhyaksa Dharma Karani Daerah Jombang dan Peringatan Hari Kartini serta Halal Bihalal Keluarga Besar Kejaksaan Negeri Jombang. Bertempat di Aula Kejaksaan Negeri Jombang. Rabu (19/6/2019)

Kepala Kejaksaan Negeri Jombang Syafiruddin SH. MH menyampaikan Halal Bihalal untuk menyambung silaturahim. Pencetus pertamanya menurut Ustad Abdul Somad adalah Ir. Soekarno. Dikatakan halal bi halal karena pada zaman itu terjadi konflik perusuhan dan ribut satu sama lain Ir. Soekarno memanggil ulama KH. Wahab Hasbullah dan dipanggillah tokoh-tokoh agama maupun tokoh masyarakat berkumpul terjadilah halal bi halal, silaturrahmi sesama bersama saling bermaaf-maafan, yang salah dimaafkan sehingga sempurnalah ibadah bulan ramadhan melalui idhul fitri tersebut. 

“Hari ini di Kejaksaan Negeri Jombang selain melaksanakan halal bi halal, ada giat juga yang dilaksanakan setiap bulannya oleh Ibu-ibu Ikatan Adhyaksa Dharma Karani Daerah Jombang. Dengan tujuan penting silaturahmi semua pegawai. Warna dan corak kejaksaan tanpa adanya ibu-ibu terasa sepi. Pimpinan selalu mengatakan kesuksesan seorang suami ada disamping istrinya,” ujarnya.

Kejaksaan Negeri Jombang selalu mengadakan suprise untuk seluruh pegawai mulai dari atasan hingga OB, cleaning servise untuk mensyukuri tanggal kelahiran, setiap ulang tahun wajib dirayakan.Support, semangat dengan bertambahnya usia merupakan segala-galanya dan mensyukuri nikmat yang diberikan Allah, bahwa telah bertambah usia, tentu bertambah dewasa, bertambah tanggung jawab juga yang wajib disyukuri. “Pada hari yang berbahagia ini dibulan baik dan suci ada yang berulang tahun, itu wajib dirayakan. Ada 5 orang yang berulang tahun diantanya Agus Suroso, Yoga, Mujib, Ubed dan Ibu IAD Vila tedhy. Di bulan baik ini walaupun telah berlalu, wajib ¬†merayakan dan mensyukuri serta sudah dipersiapkan secara pribadi untuk yang berulang tahun. Semoga silaturahim dan kebersamaan di Kejaksaan Negeri Jombang bertambah baik,” harapnya.

Ketua Ikatan Adhyaksa Dharma Karini Daerah Jombang Rukminta Sari Syafiruddin ketika diwawancarai mengatakan pertemuan rutin Ikatan Adhyaksa Dharma Karani untuk kali ini sekaligus memperingati hari lahir Raden Ajeng Kartini karena Raden Ajeng Kartini sebagai inspirasi dan motivator untuk wanita di Indonesia. RA Kartini merupakan wanita yang mempelopori kesetaraan derajat antara wanita dan pria di Indonesia. Hal itu dimulai ketika Kartini merasakan banyaknya diskriminasi yang terjadi antara pria dan wanita pada masa itu. Pasalnya beberapa perempuan tidak diperbolehkan mengenyam pendidikan tinggi.

“Untuk kami sebagai pengurus Ikatan Dharma Karini Daerah Jombang selalu aktif dalam kegiatan untuk menunjang tugas suami. Hari ini selain pertemuan rutin IAD ada pegawai yang ulang tahun, halal bi halal. Pengisian acara dengan lomba nyanyi dan lomba tebak bumbu untuk ibu-ibu Lingkup Kejaksaan Negeri Jombang,” ungkapnya.

Rukminta berharap dengan adanya motivator dari Radwn Ajeng Kartini, semoga ibu-ibu Ikatan Adhyaksa Dharma Karini Daerah Jombang semakin maju, semakin mandiri, semakin dapat menjadi contoh untuk keluarga dan masyarakat sekitar Kejaksaan Negeri Jombang, pungkasnya. (yun)