Caption foto : Bupati Jombang saat sambutan

Mediapetisi.net : Gerakan masyarakat makan ikan (Gemarikan) yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Jombang dengan tema “manfaat makan ikan untuk mewujudkan generasi sehat, kuat, cerdas, berkarakter dan berdaya saing tahun 2019” dan dialog interaktif bersama keluarga besar Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan. Bertempat di halaman kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan kabupaten Jombang. Kamis (11/4/2019).

Agenda tahunan berupa kegiatan gemar makan ikan yang rutin dilaksanakan dan pada tahun ini ditambah dengan lomba yang diikuti oleh tim penggerak PKK kecamatan se kabupaten Jombang. 

Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab mengatakan bahwa kegiatan tersebut diharapkan agar masyarakat gemar makan ikan dengan motivasi secara langsung melalui lomba, sehingga dapat menikmati berbagai olahan ikan dengan aneka ragam agar tidak mudah bosan karena olahan ikan yang ada. Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara pemerintah daerah kabupaten Jombang dengan Dinas ketahanan pangan dan perikanan dengan membuat pelatihan hingga nanti pemasarannya juga akan bekerjasama dengan Dinas Perdagangan, serta UMKM yang selalu terkait untuk mewujudkan masyarakat gemar makan ikan, sehingga menjadi masyarakat yang sehat dan menjadikan anak-anak yang cerdas. Sedangkan bagi pelaku ekonomi juga dapat meningkat perekonomiannya, jelasnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Jombang, Ir. Murti Cahyani, MM mengatakan, kegiatan gemarikan dan lomba masak serba ikan yang diselenggarakan bermanfaat untuk membangun kesadaran individu, kolektif atau masyarakat, agar gemar mengkonsumsi ikan melalui masak serba ikan. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan masyarakat dalam pengenalan dini pada anak tentang pentingnya nilai gizi dengan mengkonsumsi ikan yang bergizi dan bermanfaat bagi kesehatan, kecerdasan, serta untuk mencukupi kebutuhan protein hewani.

“Tujuan diadakan lomba memasak berbahan ikan untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi masyarakat dalam menciptakan produk berbahan dasar ikan, mendorong, meningkatkan konsumsi ikan, meningkatkan peluang pasar ikan dan produk ikan dalam Negeri khususnya budidaya dan pengelolaan hasil ikan, mendukung ketahanan pangan dan gizi masyarakat khususnya dari hasil perikanan,” ujarnya.

Menurut Murti, gerakan masyarakat makan ikan (Gemarikan) berupa sosialisasi manfaat makan ikan untuk mewujudkan generasi sehat, kuat, cerdas, sehingga berkarakter dan berdaya saing. Selain itu, ada pula lomba masak serba ikan yang diikuti oleh perwakilan PKK dari 21 kecamatan se-kabupaten Jombang yang diwakili 3 orang pada tiap-tiap kecamatan, serta pameran produk olahan ikan yang berasal dari kelompok pengelola dan pemasar hasil perikanan binaan Dinas ketahanan pangan dan perikanan kabupaten Jombang serta UMKM. Ada pula pameran, pameran ini diharapkan dapat mengenalkan produk olahan ikan kepada masyarakat, sehingga  produk yang ada dapat dikenal dan nantinya mampu bersaing.

“Jumlah peserta lomba masak dan sosialisasi gemar makan sebanyak 360 orang. Program memasyarakatkan gemar makan ikan adalah sebuah program yang bertujuan meningkatkan angka konsumsi ikan yang ditujukan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk meningkatkan kesehatan dan kecerdasan bangsa,” tandasnya.

Murti menambahkan, saat ini angka konsumsi ikan di Jombang tahun 2018 adalah16,86 Kg/kapita/tahun, masih dibawah konsumsi ikan di Jawa Timur yaitu 34,62 Kg/kapita/tahun, dari data tersebut konsumsi ikan masyarakat Jombang masih kurang, untuk itu perlu didorong agar ditingkatkan kegemaran masyarakat untuk mengkonsumsi ikan dengan berbagai kegiatan pelatihan olahan ikan, sosialisasi dan lomba masak. 

“Upaya yang dilakukan tidak lepas dengan adanya kerjasama dari semua pihak diantaranya tim penggerak PKK serta kelompok pengolah dan pemasar hasil perikanan dan perusahaan yang ada di Jombang untuk bersama-sama mensosialisasikan olahan ikan agar diterima dan digemari masyarakat, sehingga di tahun yang akan datang konsumsi ikan akan mengalami peningkatan, peningkatan konsumsi ikan akan berdampak pada meningkatnya pemanfaatan dan pendayagunaan potensi perikanan di Kabupaten Jombang,” pungkasnya. (rin/yun)